Belum Ada Budget ke Raja Ampat, Coba ke Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara Aja Deh!

Hikma Lia

Belum Ada Budget ke Raja Ampat, Coba ke Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara Aja Deh!

Banyupos.com – Pulau Labengki berada di Desa. Labengki, Kec. Lasolo, Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, sekitar 70 km dari kota Kendari. Pulau yang mendapat sebutan sebagai miniaturnya Raja Ampat ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Labengki Kecil dan Pulau Labengki Besar.

Kenapa Pulau Labengki di  Sulawesi Tenggara ini disebut sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi? Sebab, banyak yang menyebut Pulau Labengki memiliki panorama yang hampir sama dengan panorama Raja Ampat, yaitu pulau yang di beberapa titiknya terdiri dari sekumpulan karang besar yang menjulang tinggi, airnya pun sangat bening dan ombaknya juga yang tidak telalu besar.

Oke, sebelum mengulas lebih jauh tentang Pulau Labengki, diantara kalian pernah ada yang denger pulau Labengki nggak nih? Pulau kece ini beberapa waktu lalu pernah juga lho didatangi tim my trip my adventure. Pulau Labengki emang kece abis. Pulau yang satu ini Benar-benar surga tersembunyi di Sulawesi. Ternyata bukan cuma Wakatobi yang patut menjadi primadona di Sulawesi, masih ada juga pulau Labengki.

Bicara soal pulau-pulau, Indonesia memang menjadi salah satu negara yang kaya akan pulau-pulau-nya yang cantik nan kece. Namanya juga negara kepulauan, jadi tak heran bila pulau-pulau di dalamnya memiliki pesona yang mampu menarik hati para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, terus pesona seperti apa yang ditawarkan pulau Labengki ini? Hmmm.. pasti penasaran, ya? Udah nggak sabar, ya? Sabar. Nanti kita juga akan bahas satu-satu mulai dari akses, fasilitas sampai dengan hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan di pulau Labengki. Sebelum kita sampai ke tahap itu, kita kenalan dulu sama pulau Labengki, yuk.

Selamat Datang di Pulau Labengki.

Menginjakkan kaki di Pulau Labengki adalah kebehagian yang tiada tara. Setibanya di surga kecil yang satu ini, kamu akan disambut dengan suara debur ombaknya mengalun pelan. Hamparan pasir putihnya menawan juga seolah menyapamu dengan sapaan hangat “ Hai, selamat datang”.

Bukan Cuma alamnya saja yang ramah, penduduknya pun juga ramah, mulai dari anak-anaknya sampai dengan para orangtuanya. Menginjakan kaki di Pulau Labengki seperti mengajarkan kita tentang kerendahan hati dan keramah-tamahan. Sungguh menyenangkan bila bisa berkunjung kesini.

Bagaimana Akses Menuju Pulau Labengki?

Untuk bisa mencapai pulau Labengki, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 70 kilometer dari kota pusat Kendari. Dari pusat kota Kendari, kamu bisa langsung meluncur menuju Pelabuhan Kendari. Dari pelabuhan, kamu bisa langsung meluncur ke Pulau Labengki. Nah, untuk bisa sampai kesana, kamu bisa memanfaatkan jasa penyewaan kapal atau perahu dari pelabuhan menuju ke Pulau Labengki dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 4 – 5 jam perjalanan.

Oh iya, sebelum menuju ke pelabuhan, ada baiknya kamu cek dulu jadwal keberangkatan kapal atau perahu. Sebab, kapal atau perahu di pelabuhan ini tidak standby full 24 jam, selain itu kapal atau perahu tersebut juga tidak setiap hari beroperasi. Jadi, biar kedatangan kamu dari jauh nggak sia-sia, sebaiknya cek jadwal dulu ya. Buat jaga-jaga saja.

Lokasi Pulau Labengki

Apa Saja Fasilitas Di Pulau Labengki?

Fasilitas yang ada di pulau Labengki bisa dibilang belum terlalu lengkap, sebab disini hotel atau penginapan saja belum tersedia. Bahkan, warung makan pun tidak ada. Jadi, sebaiknya buat kamu yang ingin berkunjung kesini bawa perbekalan yang banyak ya, seperti makanan dan minuman. Biar apa? Ya, biar nggak kelaparan dan kehausan. Biar lebih seru, kamu bisa memancing ikan, nah hasil tangkapan ikannya itu bisa kamu bakar untuk makan.

Buat kamu yang ingin menginap, karena disini tidak menyediakan tempat penginapan atau hotel, jadi kamu menginap di kawasan pusat kota Kendari. Atau, kamu bisa menumpang tidur di rumah warga. Tenang saja, warga di pulau ini ramah-ramah kok. Mereka akan dengan senang hati menerimamu yang ingin menginap.

Hal-hal Mengasikan yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Labengki.

  1. Camping ceria di kawasan pantai ala backpacker.

Karena di sini tidak teradapat fasilitas penginapan atau hotel, jadi buat kamu yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda. Yup, camping asik ala backpacker gitu. Keuntungan camping di tepi pantai, kamu bisa menyaksikan milky way saat malam. Pasti seru abis deh.

  1. Mainan air di tepi panntai sambil menikmati keindahan bawah laut dengan mata telanjang

Pulau yang disebut juga sebagai miniaturnya Raja Ampat ini merupakan spot asik untuk menyelam. Keindahan bawah lautnya begitu cantik, membuat siapa saja tersihir dan merasa enggan untuk cepat-cepat pulang ke kampung halaman. Ya, pemandangan bawah laut yang disuguhkkan pulau Labengki ini memang menjadi magnet tersendiri untuk menarik para wisatawan. Dipadu warna air lautnya yang bening, bahkan saking beningnya kamu bisa melihat pemandangan bawah laut cukup hanya dengan menggunakan mata telanjang.

  1. Diving atau Snorkeling sambil foto-foto sama ikan-ikan yang nggemesin

Nah, buat kamu yang hobby diving atau snorkeling, bisa banget datang kesini. Keindahan bawah lautnya, duh, beneran deh bisa bikin kamu ketagihan untuk datang lagi dan lagi. Sambil menyelam, kamu bisa juga foto-foto dengan ikan-ikan lucu yang beranang kesana-kemari. Yang penting tetap hati-hati ya, jangan sampai kaki kamu menginjak kumpulan batu karang.

  1. Mengunjungi penangkaran kimaboe si karang besar

Selain bisa menyelam, kamu juga bisa menyaksikan penangkaran salah satu karang tebersar di dunia yaitu Kimaboe. Ukuran Kimaboe ini bisa mencapai 50 cm. Berkunjung kesini bisa menambah wawasan tentang karang. Datang kesini dijamin deh nggak ngebosenin.

  1. Selanjutnya, menikmati pesona menawan dari teluk cinta

Untuk sampai ke Teluk Cinta, kamu harus menyebrang dulu menggunakan perahu dari suku Bajo sekitar 20 menit. Harga sewa perahu sekitar Rp150.000. jika beruntung, selama perjalanan menuju teluk cinta kamu disuguhi pemandangan ciamik dari sekawanan lumba-lumba yang mencoba melompat-lompat ke atas permukaan.

Nah, buat kamu yang ingin menginap, disini sudah tersedia villa-villa untuk wisatawan yang ingin menginap. Harga sewa villa disini cukup terjangkau kok.

  1. Menghabiskan waktu sore di tepi pantai dengan ditemani sunset yang aduhai

Biar perjalanan kamu makin asik, kamu bisa menghabiskan waktu sore ditepian pantai sambil nikmatin sunset menawan. Sunset disini bisa dibilang sangat cantik, dengan latar belakang mercusuar yang berdiri gagah di atas bebukitan. Pemandangan susnet seperti ini cocok nih jadi buruan para pecinta fotografi.

Nah, bagaimana? Pulau Labengki di  Sulawesi Tenggara ini cantik banget, kan? Tak kalah cantik sama Raja Ampat atau Wakatobi, kan? Meski fasilitas di pulau ini terbilang masih minim, tapi keindahan yang ditawarkan itu benar-benar bisa menyegarkan badan dan pikiran, cocok buat kamu yang ingin mengasingkan diri dari hiruk-pikuk suasanan perkotaan,. Tempatnya benar-benar masih alami, asri dan tentu sangat mendamaikan. Oh iya, jangan lupa bawa kamera ya buat mengabadikan keindahan-keindahan yang ada disini, teutama keindahan bawah lautnya yang aduhai banget indahnya.

Also Read

Tags