8 Penyebab dan Solusi Mengatasi Kartu SD tidak Terbaca di HP Vivo

Hikma Lia

Kartu SD Tidak Terbaca Di HP Vivo

Kartu SD Tidak Terbaca di HP Vivo – Penggunaan smartphone atau ponsel pintar kini bisa digunakan oleh hampir semua orang. Selain itu, banyak merek HP pintar yang dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau dan ramah kantong.

Salah satu merk HP yang terkenal dan saat ini banyak penggunanya adalah HP Vivo, berbagai tipe dikeluarkan oleh pabrikan asal China ini. Selain itu, pembekalan spesifikasi HP Vivo mungkin sangat bagus, karena kualitas yang diberikan selalu unggul.

Namun, terkadang masih ada masalah yang menyebabkan HP Vivo tidak berfungsi dengan baik atau normal. Salah satu masalah yang paling umum adalah dengan kartu SD atau kartu memori yang tiba-tiba menjadi tidak terbaca oleh HP Vivo.

Saat menghadapi masalah ini, pengguna HP Vivo mungkin bertanya-tanya apa penyebab dan solusinya. Karena jika SD card tidak terbaca maka data atau file yang ada tidak akan ditampilkan di HP Vivo kamu.

Kartu SD Tidak Terbaca di HP Vivo

Apa saja penyebab dan cara atau solusi untuk mengatasinya secara lengkap tergambar di bawah ini. Bagi Anda pengguna HP Vivo yang mengalami masalah serupa, Anda dapat segera menyelesaikannya dengan cara yang disajikan di bawah ini oleh banyupos.com.

Penyebab SD card/memori tidak terbaca di HP Vivo

Sebelum melanjutkan ke pembahasan cara atau solusi untuk memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca, perlu diketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menjadi penyebabnya. Dimana penyebab SD tidak terbaca di HP Vivo adalah :

  • Slot kartu SD HP Vivo rusak
  • Kotoran menempel pada kartu SD
  • Memori microSD rusak
  • Ada bug pada Smartphone/HP Vivo
  • HP Vivo mengalami kesalahan pengaturan memori

Solusi untuk memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca di HP Vivo

Sekarang setelah Anda berhasil mengetahui penyebab membuat kartu SD tidak dapat dibaca, harap ketahui cara mengatasinya. Cara memperbaiki kartu SD tidak terbaca dengan sendirinya tergantung pada apa yang menyebabkan masalah.

1. Coba lepas dan masukkan kembali kartu SD di HP Vivo anda

Pertama, coba atasi masalah tersebut dengan mengeluarkan kartu SD dari slot memori di HP Vivo dan memasukkan kembali kartu tersebut. Atau bisa juga anda pasangkan kartu sd tersebut di hp lainnya.

Tujuan melepas kartu SD ini adalah untuk menguji apakah kartu SD tersebut benar-benar tidak terbaca. Jika SD card masih tidak bisa terbaca pada saat pengecekan, berarti SD card dalam keadaan rusak.

2. Bersihkan kartu SD

Kedua, selain mencoba melepas dan memasukkan kembali kartu SD seperti dijelaskan di atas, Anda juga perlu membersihkan kartu SD di sisi tembaga. Karena ada kemungkinan kotoran yang menempel tersebut menjadikan kinerja sd card tidak optimal.

Untuk membersihkan sendiri Anda dapat menggunakan penghapus atau kapas, harap bersihkan secara menyeluruh. Kemudian cukup periksa kembali dengan memasang kembali kartu SD di HP Vivo Anda.

3. Format Ulang Kartu SD

Solusi berikutnya yang harus dilakukan adalah memformat ulang. Namun cara ini hanya bisa digunakan jika keadaan SD card bisa dibaca tapi tidak bisa dibuka. Cara formatnya sendiri cukup simple, Anda dapat mengikuti cara di bawah ini:

  • Buka menu Setting di HP Vivo kamu.
  • Kemudian pilih menu “Pengaturan Tambahan”.
  • Jika sudah pilih menu RAM & Storage Space.
  • Kemudian pilih “Kartu SD”.
  • Kemudian pilih “Hapus Kartu SD” untuk mengonfirmasi.
  • Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, silahkan tunggu hingga proses format selesai. Ini adalah cara
  • memeriksa apakah kartu SD Vivo HP Anda membaca dengan normal atau tidak. Namun jika tetap sama, format dengan bantuan komputer/laptop.

Perhatikan bahwa jika Anda memformat kartu SD, semua data pada kartu SD akan hilang dan dihapus total.

Selanjutnya silahkan cek kembali apakah SD card tersebut dapat dibaca dan menyimpan data kembali setelah anda memformat SD card tersebut.

4. Restart HP Vivo Anda

Keempat, Anda dapat memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca dengan restart perangkat HP Anda. Pada umumnya banyak pengguna HP Vivo yang menggunakan cara ini untuk mengatasi dan berhasil.

Selain itu, solusinya juga sangat sederhana dan mudah, Anda hanya perlu menahan tombol power hingga muncul opsi baru dan klik restart. Setelah melakukan ini, tunggu proses restart HP Vivo selesai.

5. Factory Reset

Kelima, SD card yang tidak terbaca di HP Vivo diatasi dengan factory reset. Solusi ini akan mempengaruhi penghapusan semua file di penyimpanan internal HP Vivo, tetapi data SD Card tetap aman.

Namun, untuk mengantisipasinya, yang perlu Anda lakukan hanyalah memindahkan file HP Anda ke beberapa penyimpanan lain, seperti di laptop atau PC.

Cara Reset HP VIVO terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan. Namun, Anda juga dapat menggunakan hard reset dan kode rahasia yang disediakan untuk mereset HP Vivo, hanya saja tidak semua pemilik HP Vivo mengetahui kode tersebut.

Pencarian Populer

https://www banyupos com/1064/kartu-sd-tidak-terbaca-di-hp-vivo html -

Also Read

Tags