Mudah Dipraktekkan, Cara Membuat Kop Surat di Excel untuk Pemula

Mas Bambang

Dalam penulisan surat resmi, kop surat menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan. Kop surat berada di bagian atas surat resmi yang juga bersifat sebagai pendahuluan. Biasanya kebanyakan orang membuat kop surat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Padahal aplikasi seperti Microsoft Excel juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ini. Cara membuat kop surat di Excel hampir sama mudahnya dengan di aplikasi Word. Untuk panduannya bisa disimak yang berikut ini.

Pengertian Kop Surat

Melansir dari laman KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kop surat memiliki pengertian yaitu bagian dari sebuah surat yang ada di bagian atas, isinya keterangan atau informasi perihal nama, alamat, dan nomor kantor dari suatu instansi atau lembaga tertentu. Kop surat biasanya menjadi acuan apakah sebuah surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi bersifat resmi atau tidak.

Sebelum hadirnya teknologi komputer yang semakin maju, dulunya kop surat dibuat secara manual dengan menggunakan mesin ketik. Cara ini kemudian semakin ditinggalkan lantaran juga membutuhkan usaha yang memakan waktu untuk pengerjaannya.

Kini untuk membuat kop surat bisa menggunakan jenis aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word dan Excell.

Struktur Kop Surat Resmi

Surat resmi atau dinas umumnya dikeluarkan oleh instansi atau lembaga tertentu untuk kepentingan formal. Salah satu penanda sebuah surat bersifat formal bisa dilihat dari beberapa bagian, salah satunya kop surat. Kop surat berfungsi sebagai identitas dari sebuah lembaga atau instansi itu sendiri. Tanpa adanya kop, sebuah surat akan dianggap tidak resmi.

Ada perbedaan antara surat resmi dan bukan, dengan melihat bagian-bagian di kop suratnya.

  • Logo lembaga, perusahaan atau instansi.
  • Nama lembaga, perusahaan atau instansi.
  • Alamat lembaga, perusahaan atau instansi.
  • Nomor telepon lembaga, perusahaan atau instansi.
  • Nomor faximile lembaga, perusahaan atau instansi.
  • Alamat email lembaga, perusahaan atau instansi.

Beberapa bagian yang disebutkan di atas harus dan wajib ada pada kop surat resmi. Bagian-bagian tersebut juga sebagai informasi kepada si penerima surat mengenai darimana surat tersebut berasal. Pastikan isi kop surat juga harus jelas dan mudah dipahami karena menyangkut sebuah perusahaan atau instansi.

Cara Membuat Kop Surat di Excel

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat kop surat melalui Microsoft Excel, antara lain:

  • Terlebih dahulu buka aplikasi Microsoft Excel yang ada di laptop atau PC.
  • Klik menu View yang ada di bagian atas halaman Excel, kemudian pilih Page Layout.

Cara Membuat Kop Surat di Excel

  • Akan muncul 3 (tiga) buah kolom besar dengan label Add Header. Pertama-tama bisa isi kolom yang tengah terlebih dahulu.
  • Sesuaikan ukuran dan ketebalan header sesuai dengan kebutuhan kamu masing-masing.

Cara Membuat Kop Surat di Excel

  • Apabila header tengah tadi sudah selesai diisi dengan benar, selanjutnya bisa menambahkan logo atau gambar. Biasanya logo diletakkan di sebelah kiri. Caranya yaitu klik kolom paling kiri, lalu klik menu Design kemudian pilih Picture.
  • Setelah logo atau gambar selesai dimasukkan, atur ukurannya agar terlihat proporsional. Caranya klik kolom gambar tersebut, lalu klik menu Design kemudian pilih Format Picture. Sesuaikan ukuran gambar melalui jendela yang muncul di layar.

Cara Membuat Kop Surat di Excel

  • Jika selesai mengatur gambar tetap header tertutup baris cell, maka jalan keluarnya bisa arahkan kursor tepat di angka 1, kemudian tarik ke bawah sesuai dengan kebutuhan.
  • Apabila sudah rapi, tandai seluruh cell 1 atau sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan bisa lurus antara batas kanan dan batas kirim kop suratnya. Selanjutnya tekan tombol CTRL + 1, nantinya akan muncul jendela Format Cells, pilih menu Border, pilih ukuran ketebalan border dan pilih jenis border atas.
  • Kop surat selesai dibuat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila membuat kop surat resmi di Microsoft Excel, yaitu:

  • Pilihlah huruf yang tepat, atau yang sesuai dengan ketetapan yang ada di perusahaanmu.
  • Ketika memilih sebuah gambar untuk logo, usahakan ukurannya tidak terlalu besar karena nanti kamu akan repot melakukan format. Ukuran simetris atau sama di keempat sisinya adalah opsi terbaik, meskipun secara teknis ukuran apapun boleh digunakan.
  • Tips cara membuat kop surat di Excel ini tak hanya bisa dilakukan di Microsoft Excel keluaran 2010, tapi juga untuk 2007.

Also Read