9 Cara Menghemat Baterai Samsung Tanpa Aplikasi

Hikma Lia

Cara Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi

Banyupos – Jika Anda tidak memiliki aplikasi penghemat baterai, apakah Anda masih dapat menghemat masa pakai baterai di ponsel Samsung? Banyak dari kita memiliki pertanyaan seperti itu, dan kami telah menemukan beberapa solusi untuk membantu Anda memaksimalkan baterai ponsel Samsung. Prosesnya sederhana dan tidak perlu menggunakan perangkat lunak penghemat baterai Android.

Samsung adalah nama terkenal di industri ponsel. Ini adalah pilihan populer karena sejarah panjang keandalan produk. Namun, tidak semua smartphone Samsung memiliki baterai yang tahan lama.

Ada sejumlah ponsel Samsung yang menguras baterai, tetapi tidak semuanya sama. Kapasitas baterai yang kecil menjadi salah satu alasannya. Jika Anda menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, Anda akan menguras baterai, jadi ini bukan kejutan besar.

Bahkan saat ini, sejumlah besar smartphone Samsung memiliki kapasitas baterai yang berada di bawah rata-rata industri. Akibatnya, saat mencoba menggunakan internet, bermain game, atau melakukan hal lain yang menggunakan banyak daya, baterai akan habis. Saat ini terjadi, tidak perlu panik, karena tips berikut akan membantu Anda menjaga baterai Samsung Anda tetap sehat.

Cara Menghemat Baterai HP Samsung Tanpa Aplikasi

Tips dan Cara Menghemat Baterai Samsung Anda

Sebelum mencoba mempelajari cara menghemat baterai Samsung, Anda harus terlebih dahulu memahami mengapa baterai menghabiskan begitu banyak energi. Jika masalahnya adalah akibat dari baterai yang rusak, yang baru harus dibeli.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat Tips Menghemat Baterai HP Samsung tanpa Aplikasi berikut ini:

Mengurangi Kecerahan Layar

Cara termudah untuk menghemat masa pakai baterai pada ponsel Samsung adalah dengan menurunkan kecerahan layar. Kami menyarankan Anda untuk menyesuaikan kecerahan layar ponsel Anda berdasarkan keadaan pencahayaan, daripada membiarkannya pada kecerahan maksimum sepanjang waktu.

Daya tahan baterai dan kesehatan mata keduanya dapat terganggu dengan menggunakan ponsel Anda pada pengaturan paling terang. Layar ponsel akan secara otomatis mencerahkan dalam gelap dan meredup dalam terang jika Anda mengaktifkan sensor kecerahan ponsel.

Menghapus dan Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak Aktif

Jika Anda memiliki memori internal yang besar pada ponsel Samsung, lebih baik tidak menggunakannya untuk program yang tidak diperlukan. Menggunakan program dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan masa pakai baterai perangkat seluler Anda menjadi lebih pendek. Manfaatkan aplikasi yang paling penting bagi Anda dan singkirkan yang tidak Anda gunakan.

Mode Hemat Daya harus diaktifkan.

Sekarang mungkin untuk menghemat masa pakai baterai pada smartphone Samsung. Koneksi Wi-Fi, kecerahan layar, kecepatan bingkai, dan pencahayaan tombol sentuh semuanya dapat dinonaktifkan dalam mode hemat daya untuk menghemat masa pakai baterai.

Untuk ini, gunakan mode hemat daya ponsel Samsung Anda untuk memaksimalkan masa pakai baterai. Buka Pengaturan/Pengaturan> Baterai> Aktifkan opsi Penghemat Baterai untuk mengaktifkannya. Ini adalah proses yang sederhana.

Untuk mengaktifkan fungsi Power Saving Mode pada ponsel Samsung yang lebih baru dengan sistem operasi One UI, Anda harus terlebih dahulu membuka menu Device Care ponsel Anda lalu pilih Battery => Power Mode. Memilih mode semudah melakukannya.

Setel Batas Waktu Layar

Masa pakai baterai Anda dapat segera habis jika Anda menggunakan ponsel terus-menerus. Setel batas waktu layar ponsel untuk mematikan lampu layar ponsel saat ponsel terkunci selama jangka waktu tertentu.

Buka “Pengaturan”> “Tampilan”> pilih “Waktu Habis Layar”. Harap sesuaikan waktu menjadi 10 atau 25 detik. Anda akan berpikir itu akan sederhana, bukan? Atur batas waktu layar Anda sesegera mungkin untuk menghemat masa pakai baterai pada ponsel Samsung Anda.

Gunakan Mode Greyscale

Jika Anda adalah seseorang yang selalu mengutak-atik ponsel mereka, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke tampilan skala abu-abu di ponsel Samsung Anda. Penggunaan baterai berkurang dengan menggunakan tampilan skala abu-abu di telepon, dan layar tampak lebih redup karenanya.

Mode Hemat Daya Ultra dapat digunakan untuk menghidupkan tampilan skala abu-abu. Namun, ponsel Samsung yang lebih baru dengan OneUI tidak lagi memiliki kemampuan ini. Meskipun demikian, kita masih dapat mengubah layar menjadi skala abu-abu dengan memilih Simulasikan Ruang Warna di menu Opsi Pengembang. Beralih ke mode monokrom.

Nonaktifkan Sinkronisasi

Selain itu, Anda dapat menghemat masa pakai baterai dengan menonaktifkan sinkronisasi data otomatis dengan akun Google atau akun lainnya. Selama ponsel Anda terhubung ke internet, prosedur sinkronisasi akan terus berjalan.

Hanya gunakan pengisi daya asli Samsung

Bagi pemilik ponsel Samsung, pentingnya menggunakan pengisi daya asli sering diabaikan, terutama jika pengisi daya asli rusak. Dimungkinkan untuk membahayakan kesehatan baterai Anda dengan menggunakan pengisi daya palsu.

Gunakan pengisi daya Samsung asli untuk menjaga atau melampaui kesehatan baterai ponsel Samsung Anda. Kualitas pengisian cepat dari pengisi daya Samsung asli membantu mengisi daya baterai ponsel lebih cepat sambil juga menjaga kesehatan baterai.

Wallpaper hidup bukanlah ide yang bagus.

Penggunaan wallpaper hidup pada smartphone Samsung adalah salah satu alasan utama konsumsi baterai yang berlebihan. Hindari menggunakan wallpaper hidup lagi, meskipun layar ponsel akan lebih cerah dan lebih menarik. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari masalah ini.”

Aktifkan mode gelap

Populer saat ini adalah opsi mode gelap untuk kamera ponsel Anda. Masa pakai baterai Anda akan sangat ditingkatkan dengan opsi mode gelap.

Dalam mode gelap, ponsel Anda akan mengambil rona yang lebih tidak menyenangkan, hampir hitam dalam penampilan. Jika Anda ingin menggunakan opsi mode gelap, opsi ini tidak tersedia di setiap ponsel Samsung.

Metode yang tercantum di atas mungkin membantu Anda menghemat masa pakai baterai hp Samsung Anda. Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan dan umur baterai ponsel Anda, kami berharap solusi yang diuraikan di atas dapat membantu.

Also Read

Tags