Biaya Tes Rekam Jantung Elektrokardiogram (EKG)

Biaya Tes Rekam Jantung Elektrokardiogram (EKG) di Berbagai Rumah Sakit Terkini

Banyupos.com – Mereka yang mengenal tes Elektrokardiogram (EKG) adalah mereka yang pernah menderita gangguan jantung. Namun, sebagian besar individu masih menganggap asing tes EKG, terutama karena biaya pemeriksaan rekam jantung tidak murah bagi sebagian orang.

EKG atau elektrokardiogram adalah pemeriksaan medis berupa pengukuran aktivitas listrik jantung yang direkam oleh elektroda yang dipasang di dada pasien. Jika Anda ingin menangkap aktivitas listrik jantung Anda, Anda akan mendapatkan jejak garis di atas kertas yang tampak seperti naik dan turun seperti gelombang.

Memeriksa detak jantung, ritme detak jantung, dan intensitas sinyal listrik saat melewati setiap area jantung merupakan tes elektrokardiogram (EKG), yang digunakan untuk menilai fungsi jantung. Melalui tes EKG, Anda dapat mengetahui penyebab nyeri dada, penyebab gejala penyakit jantung, mengidentifikasi dinding bilik jantung yang terlalu tebal, memeriksa kesehatan jantung, memeriksa alat mekanis yang ditanamkan di jantung dan periksa kinerja obat jantung yang telah Anda konsumsi berdasarkan resep dokter.

Tes ini dimaksudkan untuk membantu dokter membuat diagnosis. Penting untuk diingat bahwa hasil normal setelah EKG, tidak selalu mengesampingkan kemungkinan masalah jantung, dan hasil abnormal tidak selalu menandakan pasien memiliki masalah jantung. Seringkali untuk diagnosis, pengujian lebih lanjut diperlukan seperti tes laboratorium, ekokardiografi, tes latihan jantung, dan bahkan kateterisasi jantung dalam keadaan yang jarang terjadi.

TRENDING:  Berapa Biaya Pap Smear Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Prosedur Tes untuk Elektrokardiogram

Prosedur Tes EKG

Jika Anda belum pernah melakukan tes EKG, jangan takut. Karena tes yang satu ini tidak memerlukan jarum atau alat berbahaya lainnya. Dalam teknik pemeriksaan EKG ini, Anda biasanya akan diminta untuk berbaring di tempat tidur dengan melepas beberapa pakaian dan Anda juga diminta untuk melepaskan aksesoris logam.

Pelat logam tipis yang dilapisi dengan pasta tertentu akan ditanamkan ke tubuh Anda sebagai elektroda untuk meningkatkan konduktivitas tubuh Anda. Anda juga dihimbau untuk berbaring dalam posisi tenang dan dianjurkan untuk tidak berbicara selama pemeriksaan EKG. Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah dokter meminta Anda bernapas normal atau menahan napas sambil memantau detak jantung Anda. Waktu rata-rata untuk elektrokardiogram adalah tiga menit.

Hasil tes EKG dinyatakan normal ketika irama detak jantung teratur dalam kisaran 60-100 detak per menit dan pola detak jantung beroperasi secara teratur. Sedangkan detak jantung dianggap tidak normal jika detak jantung Anda terlalu lambat atau kurang dari 60 detak per menit atau detak jantung Anda terlalu cepat, yaitu lebih dari 100 detak per menit.

TRENDING:  Wow Banyak Sekali Manfaat Jus Seledri dan Timun Untuk Kesehatan

Lotion, minyak, dan bedak yang dioleskan ke tubuh, terutama dada, dapat mengganggu hasil elektrokardiogram (EKG). Untuk laki – laki Anda harus mulai dengan mencukur bulu dada, Ini karena kelembaban dan kotoran mencegah elektroda menempel dengan benar. Anda dapat melanjutkan aktivitas rutin Anda setelah pemeriksaan elektrokardiogram kecuali dokter menyarankan sebaliknya karena adanya kondisi tambahan atau temuan EKG abnormal.

Elektrokardiogram (EKG) biasanya dilakukan sebelum beberapa operasi, belum ada penelitian yang melihat apakah melakukan tes EKG secara teratur dapat membantu menghindari penyakit pada orang yang tidak menunjukkan gejala penyakit jantung. Setelah elektrokardiogram dilakukan, pasien mungkin direkomendasikan untuk menjalani pengujian lebih lanjut, seperti computed tomography scan (CT Scan) atau koroner angiografi (CA), di mana kateter yang akan ditempatkan ke dalam jantung.

EKG adalah alat diagnostik yang cukup murah dan bebas risiko karena metodologi pengujiannya yang non-invasif. Ada berbagai fasilitas medis di Indonesia yang menyediakan layanan elektrokardiogram. Harga EKG akan berbeda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya.

TRENDING:  Berapa Biaya Kuliah Universitas Brawijaya Jalur Seleksi Mandiri

Biaya Tes EKG Di Beberapa Rumah Sakit

Nama Instansi KesehatanBiaya
Puskesmas Gedangsari II Gunung Kidul31.000
Klinik Miracle Jakarta80.000
RS Pelni Jakarta86.000
RS Humana Prima Bandung99.000
RS Muria Pajajaran Bogor100.000
Klinik Viva Medika Cikarang110.000
Klinik Pratama Merial Health Jakarta110.000
RS Hermina Pekanbaru110.000
Amalia Medical Center Jakarta130.000
Universal Care Clinic Jakarta150.000
Eka Hospital Cibubur150.000
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi161.000
Siloam Hospitals Bogor165.000
Global Doctor Indonesia Jakarta275.000
RS Brawijaya Saharjo Jakarta280.000
RS Mitra KeluargaPaket Standar + EKG : Rp925.000

Ringkasan biaya tes EKG di atas berasal dari banyak sumber, termasuk situs web departemen kesehatan itu sendiri. Biaya tes EKG saat ini cukup stabil harganya dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Anda harus berbicara dengan dokter Anda dan menelepon rumah sakit yang bersangkutan jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan EKG untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang seberapa sehat jantung Anda.

Check Also

Berapa Biaya Pap Smear Di Klinik dan Rumah Sakit

Berapa Biaya Pap Smear Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Banyupos.com –  Pap smear dilakukan untuk menilai kesehatan sel-sel di leher rahim dan vagina. Biaya …