Khasiat dan Manfaat Konsumsi Chia Seed Secara Teratur Untuk Kesehatan

Banyak Sekali Khasiat dan Manfaat Konsumsi Chia Seed Secara Teratur Untuk Kesehatan

Apa Anda pernah dengar chia seed? Ya, beberapa bijian yang ini masih kedengar cukup asing di telinga beberapa orang.

Chia seed atau biji chia adalah biji hitam kecil dari tumbuhan Salvia hispanica. Biji chia banyak dimakan untuk mereka yang mengaplikasikan gaya hidup sehat. Walau ukuran kecil, chia seed banyak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan badan.

Berdasar laporan Medical News Today, biji chia adalah sumber omega-3, anti-oksidan, serat, zat besi, dan kalsium. Seluruh kandung itu pasti benar-benar diperlukan oleh tubuh.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam biji chia bisa membantu tingkatkan cholesterol baik (HDL), hingga bisa mencegah serangan stroke dan jantung. Chia seed dapat jadi sumber kalsium harian, fosfor, mangan, kalium, dan tembaga yang bagus untuk kesehatan.

Chia seed dapat dimakan oleh seluruh orang, baik beberapa anak atau orangtua. Biji chia dapat dimakan mentah, tapi harus dipendam lebih dulu saat sebelum dikonsumsi.

Biji chia dapat dijumpai di supermarket atau toko spesial yang jual bahan makanan sehat. Chia seed ada berbagai macam, ada yang berbentuk beberapa bijian utuh atau sudah dibuat jadi sereal, atau camilan.

TRENDING:  Wow Banyak Sekali Manfaat Jus Seledri dan Timun Untuk Kesehatan

Chia seed rasa-rasanya nyaris serupa seperti kacang biasanya, dan sering jadi toping makanan sebab teksturnya renyah. Biji ini bisa juga ditaburkan pada sereal, salad buah, nasi, smoothies, yoghurt, kue, sampai puding.

Walau berguna untuk kesehatan badan, chia seed jangan dimakan terlalu berlebih. Berdasar laporan the US Dietary Gidelines, biji chia jangan dimakan melewati 48 gr setiap hari. Lantas, apa manfaatnya?

Berikut kegunaan chia seed atau biji chia untuk kesehatan yang jarang-jarang dijumpai,

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam chia seed termasuk lumayan tinggi untuk memperlancar pencernaan, hingga bisa membuat berat tubuh cepat turun.

Biji chia akan menolong keluarkan sisa makanan agar tidak begitu lama tertimbun pada tubuh. Karena, sisa makanan bisa membuat lemak menimbun dan meningkatkan berat badan.

Satu studi di Brasil mendapati biji chia bisa menolong kurangi lemak. Protein dalam chia seed dapat membuat perut berasa kenyang semakin lama dan tidak gampang lapar. Tidaklah aneh bila biji yang ini sering jadi menu unggulan untuk mereka yang mengaplikasikan program diet untuk turunkan berat tubuh.

TRENDING:  7 Ucapan Selamat Natal Untuk Papa dan Mama Tersayang

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol sangat terkait dengan kesehatan jantung. Bila kandungan cholesterol jahat (LDL) terlalu tinggi, karena itu seorang akan beresiko terserang penyakit jantung sampai stroke.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam chia seed berperan tingkatkan kesehatan jantung, kurangi produksi trigliserida, turunkan tekanan darah, dan kurangi riskio detak jantung tidak teratur. Karena, kandung omega-3 ini dapat turunkan cholesterol jahat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Biji chia mempunyai kandungan seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang diperlukan untuk perkembangan tulang. Kandungan itu sanggup tingkatkan kemampuan otot dan persendian. Bila konsumsi chia seed secara teratur, Anda bisa memelihara kesehatan otot dan persendian.
Salah
Satu riset mendapati konsumsi makanan kaya kalsium seperti chia seed bisa tingkatkan kesehatan tulang. Konsumsi teratur chia seed dipercayai sebagai salah satu langkah efisien untuk memperbaiki asupan kalsium untuk tulang dan gigi.

Disamping itu, chia seed memiliki kandungan senyawa mangan untuk menjaga kemampuan tulang dan gigi. Biji chia kaya fosfor, yakni mineral yang terbukti bisa tingkatkan kesehatan tulang.

TRENDING:  Ingin Rumah Terlihat Luas? Ikutilah Saran Berikut Ini

4. Mencegah Kanker

Chia seed berguna untuk mencegah dan melawan sel kanker. Beberapa bijian ini adalah sumber anti-oksidan lumayan tinggi, hingga sanggup mencegah radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel.

Anda dapat konsumsi biji chia seed secara teratur untuk kurangi resiko semua tipe kanker. Anda dapat mengkonsumsinya bersama salad buah, sebab buah memiliki kandungan anti-oksidan tinggi untuk menahan bermacam penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya berguna untuk kesehatan, biji chia bermanfaat untuk kecantikan,terbukti dapat menahan penuaan dini. Awet muda adalah idaman untuk beberapa orang.

Chia seed sanggup kurangi tanda-tanda penuaan seperti perombakan warna kulit, kerutan, bintik hitam, garis halus atau keriput, dan lain-lain.

Disamping itu, kandung asam lemak omega-3 pada chia seed bisa dibuktikan sanggup tingkatkan sirkulasi dan kurangi kekeringan dan infeksi di kulit. Menurut satu riset di Manchester, omega-3 dalam biji chia bisa membantu melindungi kulit dari paparan radiasi atau cahaya UV.

Sumber : bola

 

Check Also

5 SEKOLAH KULINER TERBAIK DI INDONESIA

5 Rekomendasi Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia

Memasak bukan lagi identik dengan aktivitas yang hanya bisa dilakukan perempuan, saat ini banyak laki …