5 Motherboard Gaming Murah Terbaik dengan Performa Ciamik, Gak Kalah Sama yang Mahal

Ada banyak pilihan motherboard, termasuk motherboard gaming murah terbaik dari segi harga, performa, desain dan dukungan perangkat. Sehingga penting bagi Anda untuk menentukan pilihan dengan bijak.

Sederhananya, motherboard didefinisikan sebagai komponen komputer atau bagian yang menjadi pondasi utama dari sebuah perangkat. Pada praktiknya, motherboard ini digunakan untuk menyatukan kinerja seluruh komponen komputer lainnya yang terdiri dari banyak perangkat.

Lalu apa bedanya dengan motherboard gaming?

Umumnya, motherboard gaming dirancang untuk komputer dengan performa kelas atas, mendukung performa dari komponen-komponen yang juga dirancang untuk kinerja tinggi. Kemampuan istimewa ini memungkinkan perangkat untuk menjalankan program-program berat, dalam hal ini tentu yang dimaksudkan adalah game-game high end.

Memilih motherboard gaming yang tepat untuk komputer Anda bukanlah keputusan yang main-main, bukan cuma akan mempengaruhi performa tapi juga bisa buang-buang duit kalau salah pilih.

Berikut adalah rekomendasi 7 motherboard gaming murah terbaik yang bisa jadi alternatif untuk Anda beli.

Motherboard Gaming Mini-ITX

motherboard gaming murah terbaik - Mini-ITX

Mini-ITX tergolong sebagai motherboard yang mempunyai ukuran paling mini di antara sekian pilihan ukuran motherboard. Ini dibuktikan dengan ukuran kebanyakan yang tidak lebih dari 9 x 7,5 inci. Karenanya, Mini ITX tergolong lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan motherboard dengan ukuran lebih besar lainnya. Walaupun memiliki ukuran yang tergolong mini, performanya tidak boleh dipandang sebelah mata.

Disebut murah karena motherboard ini dihargai antara Rp 1 juta hingga 2 jutaan tergantung kondisinya.

ASUS TUF B360M E Gaming

motherboard gaming murah terbaik - ASUS TUF B360M E Gaming

Motherboard gaming murah terbaik yang kedua datang dari merk yang sudah sangat populer yakni Asus,ini dia ASUS TUF B360M E GAMING. Brand yang satu ini memang cukup terkenal dengan perangkat gamingnya yang menawarkan kualitas serta reliabilitas yang tinggi tetapi dengan rentang harga yang murah. Motherboard seri TUF B360M e Gaming ini sebagai buktinya. Ini menjadi salah satu motherboard gaming murah terbaik rekomendasi kami karena hanya dijual seharga Rp 1 jutaan saja.

ASUS TUF B360M E GAMING membawa beberapa port yang mendukung hardware keluaran anyar. Gak cuma itu, sejumlah fitur juga sudah ditanamkan di dalamnya tentunya untuk mendukung performa komputer saat berlari menjalankan game berat. Salah satunya ada dukungan teknologi Intel Turbo Boost Technology 2.0 yang juga terintegrasi dengan VGA Intel Graphics HD.

Motherboard gaming murah terbaik: AMD ASRock B550M PRO4

Motherboard gaming murah tapi punya performa terbaik ketiga jatuh ke brand AMD, melalui jagoannya AMD ASRock B550M PRO4. Di sejumlah ecommerce dan marketplace, motherboard ASRock B550M PRO4 ditawarkan dengan banderol Rp 1,6 sampai 2 juta. Motherboard gaming murah ini sangat cocok untuk dipasangkan dengan prosesor AMD generasi ketiga AM4 Ryzen. Sebagai tambahan bonus menyenangkan, Anda juga memperoleh soket RAM dengan teknologi DDR4 4733+ a.k.a overclock.

Walaupun tergolong motherboard gaming murah, jika dibandingkan kelas lainnya, motherboard ini punya performa yang boleh dipandang sebelah mata lho. Kualitasnya sudah terbukti ciamik untuk urusan melahap game-game berat dan tentunya Anda juga bakal mendapatkan garansi resmi berdurasi 3 tahun.

Gigabyte GA-AX370 Gaming 3

Sampai di sini, apakah Anda sudah punya pilihan motherboard gaming murah mana yang ingin dibeli? Kalau belum, kami masih punya beberapa rekomendasi lainnya. Jadi, simak terus sampai tuntas.

Rekomendasi motherboard gaming terbaik murah keempat datang dari Gigabyte yaitu Gigabyte GA-AX370 Gaming 3. Jika dibandingkan dengan dua kakaknya, motherboard seri ke 3 membawa beberapa peningkatan guna memperoleh performa yang lebih wah. Salah satunya untuk urusan processor, Gigabyte GA-AX370 Gaming 3 ini memperoleh tandem prosesor AMD generasi ke-7, lalu ada juga dukungan Intel Thunderbolt 3 yang kita tahu akan memberikan fleksibilitas lebih kepada pemiliknya.

Untuk urusan tampilan yang dihasilkan, motherboard gaming ini sudah mendukung resolusi 4K pada 60fps sehingga memberi rasa nyaman dan memuaskan saat dipakai bermain game atau aktivitas lain. Harganya juga terbilang sangat terjangkau di bawah 2 jutaan. Tersedia di hampir seluruh marketplace atau ecommerce lokal.

Gigabyte GA-AX370M-Gaming 3

Rekomendasi motherboard gaming murah terbaik terakhir kita ambil dari merk Gigabyte yang juga sudah kita tahu sama-sama mempunyai reputasi wah di ranah komputasi dunia.

Jika modal kocek Anda cuma Rp2 jutaan, rasanya sangat bijak sekali jika Anda memilih Gigabyte GA-AX370M-Gaming 3 sebagai motherboard di komputer AMD Anda. Mother board ini sudah memiliki kemampuan untuk mendukung prosesor AMD bersoket AM4 dari seri 4000, 5000, sampai dengan Ryzen generasi ke-3. Bahkan untuk memori RAM-nya juga sudah mampu menerima tambahan memori sampai dengan 4 keping dengan kapasitas maksimal 64 GB DDR4.

Tambahan, kita tahu Gigabyte punya koleksi kartu grafik dan motherboard yang oke punya. Jadi, kalau misalnya Anda ingin memasangkan VGA dan motherboard yang berperforma oke, Anda bisa langsung membeli kartu grafik produksi Gigabyte yang sudah barang tentu sama-sama tokcer kualitasnya.

Check Also

Game Lato Lato Android

6 Game Lato-Lato Android Yang Banyak Digandrungi Bocil

Game Lato-Lato Android – Sudah lama hilang tanpa kabar, permainan jadul lato-lato kembali viral dan …