Kenapa Windows 10 Lemot dan Cara Mengatasinya

Hampir sebagian besar pengguna laptop yang memilih menggunakan Windows pernah mengalami tiba-tiba Windows 10 menjadi lemot, sehingga berujung pada pertanyaan kenapa Windows 10 lemot dan bagaimana sih cara mengatasinya?

Apabila Anda mendarat di artikel ini, sudah bisa saya pastikan Anda sedang ada di posisi ini.

Tapi jangan khawatir, kita akan bahas tuntas alasan kenapa windows 10 lemot dan beberapa tips mengatasi Windows 10 yang lemot parah.

Sebelum ke sana, kita bahas dulu beberapa faktor penyebab kenapa windows 10 lemot

Penyebab Kenapa Windows 10 Lemot

Spek Kentang

Lemotnya sebuah perangkat laptop sudah barang tentu dipicu oleh spesifikasi perangkat yang tidak mumpuni untuk menjalankan Windows 10. Ini menjadi penyebab pertama kenapa sistem berjalan dengan sangat lambat. Dalam beberapa kasus ada pengguna yang tidak mengindahkan perihal ini, ketika perangkat yang ia gunakan untuk menjalankan Windows 10 hanya punya RAM 2GB, memang tetap akan terpasang tetapi OS tidak mungkin bisa berjalan dengan optimal saat dipergunakan.

Banyak Aplikasi Berat yang Berjalan di Latar Belakang

Ibarat sebuah rumah, semakin besar ukuran rumah maka ia juga mampu menampung lebih banyak barang. Sebaliknya, semakin kecil sebuah rumah maka jangan dipaksa untuk memasukkan banyak barang.

Jadi, jika laptop Windows 10 Anda berjalan sangat lambat, salah satunya diakibatkan oleh banyaknya aplikasi berat yang berjalan di latar belakang. Atau, bisa jadi aplikasnya tidak terlalu berat tetapi jumlahnya ada banyak yang berjalan di latar belakang, ini juga akan mempengaruhi performa laptop saat digunakan.

Virus

Penyebab selanjutnya adalah virus. Bukan rahasia lagi, jika sebuah perangkat dalam kondisi sehat dan punya spesifikasi yang cukup, maka tidak ada alasan untuk perangkat tersebut berjalan lambat. Salah satu alasan yang mungkin saja muncul adalah adanya serangan virus yang umumnya akan menggunakan resource yang dimiliki.

Jenis virus bermacam-macam, salah satunya adalah ransomware yang pada umumnya ia akan secara diam-diam menggunakan resource lalu dengan program tertentu, virus bahkan bisa mencuri data dan menutup aksesnya dari pemilik perangkat.

Ada banyak potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh virus, performa Windows 10 yang tiba-tiba melambat hanyalah satu dari akibat kecil yang kemungkinan ditimbulkan.

File System yang Rusak

Penyebab keempat yang mungkin saja menyebabkan kenapa windows 10 lemot adalah kerusakan pada file sistem. Kerusakan ini bisa bersifat minor atau mayor. Melihat kondisi laptop Anda yang hanya lemot, besar kemungkinan kerusakannya hanya bersifat minor. sebab, jika sudah parah umumnya laptop akan sering mati atau restart dengan sendirinya.

Nah, sekarang baru tiba waktunya kita membahas beberapa cara mengatasi Windows 10 yang lemot.

Solusi untuk Mengatasi Kenapa Windows 10 Lemot

Copot Aplikasi yang Tidak Penting

Seperti yang sudah kita bahas tadi, bahwa aplikasi yang terlalu banyak menjadi salah satu penyebab performa windows 10 jadi lemot. Untuk itu, mulai perlahan-lahan pilih dan tentukan aplikasi mana saja yang tidak penting, kemudian buang yang tidak perlu.

Untuk mencopot aplikasi dari Windows 10, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik menu Start.
  • Kemudian klik menu Settings – Apps – Apps & features.
  • Lanjut klik aplikasi yang ingin dicopot dari laptop.
  • Sekarang klik tombol Uninstall
  • Dan penutup, klik Uninstall sekali lagi.

Kenapa Windows 10 Lemot

Maka selanjutnya, Windows 10 akan mencopot aplikasi yang sudah Anda pilih untuk di-uninstall.

Hapus Folder Temp

Cara mengatasi kenapa Windows 10 lemot selanjutnya adalah dengan menghapus folder temp (sementara) secara berkala. Untuk Anda yang belum tahu, folder temp adalah hasil yang menampung file-file sementara yang dihasilkan oleh aplikasi aplikasi tertentu. Bisa berbentuk dokumen, video, foto dan bahkan unduhan dari browser.

Folder temp ini secara default akan terisi otomatis, dan apabila tidak rutin dibersihkan bisa menumpuk dalam jumlah besar yang akan membebani memori laptop dan menjadi penyebab kenapa Windows 10 lemot.

Untuk menghapus file temp, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  • Tekan secara bersamaan tombol Windows + R
  • Ketik %temp%
  • Tekan dua tombol bersamaan CTRL + A.
  • Terakhir, klik Shift + Del
  • Maka, file-file di folder temp akan dihapus.

Hapus Windows old

Windows 10 secara otomatis mengunduh update terbaru ke laptop, termasuk pembaruan aplikasi pendukungnya – walaupun tetap bisa dimatikan. Sehingga ketika melakukan update, Windows akan menyimpan file backup windows yang lama ke dalam folder yang kemudian disebut dengan Windows Old.

Untuk menghapus Windows old, silahkan lakukan prosedur Disk Cleanup, caranya begini

  • Di menu pencarian Windows, ketikkan Disk Cleanup
  • Maka akan muncul menu sesuai dengan yang Anda cari, klik Disk Cleanup
  • Scan disk C, dan klik OK
  • Tunggu hasilnya, kemudian tandai file yang ingin dihapus.

Kenapa Windows 10 Lemot

Matikan Efek-efek Visual

Efek visual dibutuhkan untuk mempercantik tampilan baik di bagian interface aplikasi dan folder maupun tampilan transisi. Tapi, ini menghadirkan konsekuensi yang tidak menyenangkan khususnya jika laptop sudah mulai menua.

Untuk mematikan efek-efek visual, lakukan cara ini:

  1. Klik Start menu.
  2. Kemudian ketik advanced system sampai muncul hasil pencarian.
  3. Lalu klik View advanced system settings
  4. Sekarang klik Settings.. di menu tab Performance.
  5. Lalu pilih opsi Adjust for Best performance
  6. klik Apply

Kenapa Windows 10 Lemot

Itulah dia beberapa sebab kenapa Windows 10 lemot dan langkah-langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat, boleh dong dishare supaya banyak orang terbantu oleh artikel ini.

Check Also

Game Lato Lato Android

6 Game Lato-Lato Android Yang Banyak Digandrungi Bocil

Game Lato-Lato Android – Sudah lama hilang tanpa kabar, permainan jadul lato-lato kembali viral dan …