5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 11

Mas Bambang

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 11

Internet sudah jadi kebutuhan yang teramat penting bagi kita dewasa ini, sehingga kemudian pencarian bagaimana cara mempercepat koneksi internet Windows 11 makin gencar dan makin meningkat. Bukan perkara aneh, upaya ini dilakukan tak lain untuk mendapatkan akses internet yang lebih baik, entah untuk menjawab kebutuhan kerja atau sebatas kepo di media sosial saja.

Ada beberapa cara mempercepat koneksi internet Windows 11 yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Cara mempercepat koneksi internet windows 11 pertama: Update Driver Jaringan

Solusi pertama yang kami tawarkan adalah; coba melakukan pembaruan ke driver jaringan. Mengapa ini penting? Sebab dunia teknologi terus berkembang, sehingga Andapun harus mengikuti perkembangan yang terjadi dengan secara berkala melakukan update baik ke sistem operasi maupun driver.

Driver yang sudah lawas seringkali tidak kompatibel lagi dengan pembaruan yang ada di Windows 11, sehingga penting untuk melakukan pembaruan dengan segera.

  • Untuk meng-update driver jaringan, tekan tombol Windows + R secara bersamaan dan ketikkan perintah “Devmgmt.msc” dan tekan Enter.
  • Klik menu “Network Adapters”. dan klik kanan lalu pilih “Update Drivers”.

cara mempercepat koneksi internet windows 11

  • Anda bisa memilih opsi “Search automatically for drivers” agar sistem menemukan sendiri driver yang cocok dengan perangkat Anda.

Setelah driver jaringan diupdate, coba jalankan browser web yang biasa digunakan, lalu buka dan akses website apapun dan pastikan apakah kecepatan Internet Windows 11 Anda telah meningkat lebih cepat dari biasanya.

Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Windows 11 termasuk boros resource, karena ia secara terus menerus menjaga sejumlah aplikasi berjalan di latar belakang yang bertujuan untuk mempercepat kinerja ketika aplikasi tersebut dibutuhkan kembali oleh pengguna.

Tetapi hal ini berdampak buruk terhadap penggunaan jaringan. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menutup aplikasi-aplikasi tersebut, khususnya yang secara fungsi tidak terlalu penting di saat itu.

  • Jalankan Task Manager dengan cara menekan tuts Ctrl + Shift + Esc.
  • Sekarang klik tab Kinerja.
  • Buka Open Resource Monitor.
  • Di pilihan Resource Monitor, pindah ke tab Network.
  • Coba cek satu per satu mana aplikasi yang memakan bandwidth/detik paling tinggi.
  • Klik kanan di aplikasi itu dan klik Akhiri Proses

Setelah membahas dua cara mempercepat koneksi internet windows 11 di atas, apakah Anda sudah merasakan perubahannya?

Kalau sudah, maka Anda tidak perlu lagi melakukan langkah-langkah di bawah ini. Tetapi jika masih saja lambat, maka perjuangan Anda masih berlanjut. Anda bisa mencoba tips lainnya di bawah ini:

Mengubah DNS

Cara ini tergolong lebih rumit tapi salah satu yang paling efektif mendongkrak kecepatan internet Windows 11, bahkan berlaku untuk semua versi Windows.

Untuk mengubah DNS, silahkan ikuti tahapan-tahapan ini:

  • Tekan tombol Windows+R untuk menjalankan dialog Run.
  • Ketik ncpa.cpl di dalam kotak Run dan klik  Enter.
  • Ketika sebuah jendela baru terbuka, silahkan klik  Properties.
  • Klik di pilihan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties.
  • Pilih Use the following DNS Server address.
  • Kemudian isi Preferred DNS server dengan angka  8.8.8.8  dan Alternate DNS server isi 8.8.4.4,selanjutnya klik Ok

cara mempercepat koneksi internet windows 11

  • Terakhir restart laptop Windows 11 Anda.

Restart Modem Router Anda

cara mempercepat koneksi internet windows 11 berikutnya tidak terlalu teknis tapi lumayan sering jadi penjahatnya. Jika Anda terhubung ke modem router untuk mengakses internet, cobalah untuk me-restart modem Anda kemudian lihat hasilnya.

Jika Anda merasa ragu untuk melakukan restart, Anda bisa mengawali dengan memindahkan router ke posisi yang lebih terbuka atau lebih dengan Anda. Periksa juga kondisi dan posisi antena. Jika terlalu kendor, kencang antena dan posisikan dalam posisi tegak lurus untuk menciptakan gelombang sinyal yang sempurna ke seluruh ruangan.

Jika cara di atas tidak juga menyelesaikan masalah Anda, maka sepertinya tidak ada pilihan lain, Anda harus segera menekan tombol restart itu!

Mematikan Fitur Metered Connection

Fitur ini kebetulan hanya ada di Windows 10 ke atas. Jadi, kalau Anda masih menggunakan versi sebelumnya, jangan coba dicari, gak bakal nemu.

Fitur ini kegunaannya adalah untuk mengatasi pemakaian berlebih jaringan internet, khususnya digunakan untuk tipe jaringan tethering menggunakan ponsel atau jaringan mobile, atau di saat Anda ingin membatasi tagihan internet.

  • Untuk mematikan fitur ini, silahkan tekan tombol Windows + 1 lalu pilih Network dan Internet dan klik WiFi.
  • Lanjut klik Wifi yang sedang terhubung dan pilih opsi Disable Metered Connection
  • Selesai

Setelah fitur ini dimatikan, maka harap diingat bahwa akan ada kemungkinan tagihan internet Anda membengkak atau kuota data di smartphone Anda tiba-tiba terkuras.

Itulah dia beberapa cara mempercepat koneksi internet Windows 11 yang bisa jadi alternatif solusi untuk persoalan Anda. Semoga bermanfaat!

Also Read