Kenapa Sinyal XL Jelek? Begini Cara Mengatasinya!

Mas Bambang

kenapa sinyal xl jelek

XL adalah satu dari banyak perusahaan lainnya yang menyediakan layanan telekomunikasi dengan jangkauan internet di seluruh wilayah Indonesia. Kendati demikian, tak jarang para pengguna juga mengalami gangguan jaringan XL, sehingga sering sekali muncul pertanyaan kenapa sinyal XL jelek? Dan tentu harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Jaringan XL Jelek dan Lambat

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi sinyal XL yang jelek, maka sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu kenapa jaringan Xl jelek dan lambat. Dengan begitu kamu bisa menghindari penyebab kenapa jaringan XL-nya jelek. Berikut akan diinformasikan apa saja penyebab dari jaringan XL jelek dan juga lambat.

1. Dipengaruhi oleh faktor alam

Penyebab pertama kenapa sinyal XL jelek karena factor alam. Biasanya ini dirasakan para pengguna internet XL nirkabel dan disebabkan adanya penghalang data yang dikirm dari ISP pada perangkat pengguna tersebut.

2. Dikarenakan Busy Traffic

Untuk penyebab yang kedua ini dikarenakan busy traffic, dimana ditemukan ada pengguna yang terhubung dengan koneksi internet tentunya IP address yang sama pula. Ini juga terjadi dikarenakan ISP mengirim dan juga menerima data secara bersamaan dalam jumlah besar pula. Maka wajar saja jika terjadi gangguan seperti sinyal jelek dan juga lambat.

3. Disebabkan IP Conflict

IP Conflict terjadi disebabkan karena nomor IP sama digunakan lalu menjadikan konflik antar perangkat yang sudah terhubung pada jaringan tersebut. Karena itu pastikan hal ini tidak terjadi karena akan mengakibatkan kenapa sinyal XL jelek dan lambat.

4. Penyebab factor lainnya

Selain sejumlah penyebab kenapa sinyal XL jelek yang sudah dijelaskan di atas, maka penyebab lainnya adalah seperti penggunaan perambat, lalu cakupan wilayah jaringan XL dan masih banyak faktor lainnya yang tentu akan menyebabkan jaringan XL lambat dan jelek.

Cara Mudah Atasi Jaringan XL Jelek dan Lambat

Setelah kita bahas beberapa penyeba kenapa sinyal XL jelek, sekarang agar kamu bisa mengatasi penyebab jaringan XL jelek dan lambat dikarenakan berbagai faktor yang sudah disebutkan di atas, maka kamu dapat mempraktekkan beberapa cara di bawah ini dan pastikan lakukan sesuai yang diinstruksikan.

1. Mengaktifkan mode pesawat

Cara pertama paling ampuh atasi jaringan XL lelet adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Cara ini dilakukan agar bisa memulai ulang lagi jaringan internet yang awalnya sudah terhubung di ponsel kamu. Setelah kamu mengaktifkan mode pesawat lalu kembalikan lagi mode jaringan seluler maka kamu akan melihat bahwa jaringan XL sudah stabil kembali.

2. Restart ponsel kamu

Cara kedua adalah dengan me-restart ponsel kamu secara keseluruhan pada saat jaringan XL Lambat. Ini adalah salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan pada ponsel tak hanya jaringan lelet namun masalah lainnya.

3. Membersihkan riwayat peramban ponsel kamu

Cara ketiga adalah dengan membersihkan riwayat peramban ponsel kamu. Apalagi ponsel kamu sudah banyak sekali penuh dengan riwayat dan juga berkas singgahan lainnya. Tentu itu merupakan penyebab kinerja ponsel semakin melambat sehingga terjadi error dan sebagainya.

Cara Atasi Jaringan XL Jelek Melalui Pemeriksaan APN di Android dan Iphone

Mengatasi jaringan XL jelek juga bisa kamu lakukan melalui pemeriksaan APN baik bagi pengguna Android dan juga Iphone. APN atau Access Point Name adalah penghubung antara internet di ponsel dengan internet pada public. Berikut akan dijelaskan cara mengatasinya menurut Smartphone yang digunakan kamu.

1. Melalui Android

Mengatasi jaringan XL jelek melalui pemeriksaan APN menggunakan Android dapat dilakukan menggunakan fitur pengaturan di ponsel tersebut.

  • Untuk caranya kamu diharuskan membuka pengaturan pada ponsel Android kamu
  • setelah itu pilihlah menu “Network & Internet”.

kenapa sinyal xl jelek

  • Dilanjutkan dengan “Mobile Network,
  • setelah itu pilihlah menu “Advance”.
  • Pengguna bisa melanjutkan untuk memilih opsi APN dan “Add APN” atau bisa juga dengan tanda “+” yang posisinya ada pada pojok sebelah kanan atas untuk dapat menambahkan APN XL.

  • Apabila hal itu sudah dilakukan maka kamu akan melihat kolom dengan isian untuk menambahkan APN baru pada ponsel Android kamu seperti XL 4G, Proxy: 202.152.240.50, Port: 80 dan APN www.xl4g.net.

2. Melalui Iphone

Mengatasi jaringan XL jelek juga bisa pada ponsel Iphone.

  • Caranya adalah dengan memilih menu “Settings”
  • lalu pada menu tersebut carilah menu “Cellular Data” untuk di kolom APN kamu dapat menuliskan “Internet”.

kenapa sinyal xl jelek

  • Langkah berikutnya adalah dengan mengaktifkan jaringan 4G tentunya melalui menu “Settings” dan kamu hanya perlu klik menu “Cellular”.
  • Langkah terakhir adalah dengan memilih “Cellular Data Options”

kenapa sinyal xl jelek

  • lalu kliklah menu “APN”. Dan langkah mengatasi sinyal XL jelek melalui Iphone sudah selesai.

Melalui penjelasan di atas kamu sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan kenapa sinyal XL jelek, bukan? Bahkan kamu pun sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan sesuai dengan penjelasan yang sudah dipaparkan di atas.

Also Read