Alasan Klise Kenapa Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya

Mas Bambang

kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan

Indosat jadi salah satu provider terpopuler dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Disamping menawarkan kuota dengan tarif yang relatif terjangkau, opsi paket yang disediakan cukup beragam.

Namun sayangnya, dalam beberapa kasus kerap muncul pertanyaan kenapa kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan. Lantas, bagaimana prosedur cara untuk mengatasinya?

Mengenal Kuota Lokal Indosat

Sebagaimana namanya, kuota lokal Indosat merupakan bonus data internet yang bisa digunakan pada area tertentu sesuai dengan lokasi pembelian paket. Sebagai contoh, pengguna membeli paket internet di Pekanbaru, maka penggunaannya hanya dapat berlaku di daerah Pekanbaru saja. Lebih jauh, untuk tipe jaringan yang tersedia pada kuota lokal meliputi 3G dan 4G.

Pada aplikasi MyIM3, kuota lokal Indosat dikategorikan dalam kategori Freedom Combo 20GB. Umumnya, rincian paket ini terdiri dari 11GB kuota utama, 5GB bonus kuota, 5 GB kuota lokal, dan 4GB kuota malam dengan masa aktif 30 hari sejak pengaktifannya.

Penyebab Kuota Lokal Indosat Tidak Dapat Digunakan

Secara umum, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi alasan kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pengguna mengakses internet di luar jangkauan area atau jauh dari lokasi pengaktifan paket data.
  • Masa aktif paket internet yang sudah berakhir saat digunakan.
  • Jaringan provider yang sedang mengalami kendala.
  • Kuota lokal yang sudah terpakai seluruhnya.
  • GPS mengalami error sehingga perangkat tidak mampu mendeteksi lokasi pengguna.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat yang Tidak Bisa Digunakan

Jika setelah semua masalah yang dialami terselesaikan namun koneksi internet lokal tidak kunjung membaik, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa metode berikut.

Memeriksa Ulang Area Aktivasi Paket

Perlu ditegaskan, kuota lokal Indosat hanya dapat digunakan pada area aktivasi paket. Mungkin, kamu sedang berada di luar jangkauan area tersebut saat ini. Oleh karena itu, pastikan kembali dimana lokasi kamu membeli kartu SIM atau mengisi paket internet karena ini bisa jadi penyebab kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah maraknya toko online yang menawarkan paket internet dengan harga murah. Namun paket tersebut biasanya dibagi dalam beberapa kategori mulai dari kuota utama, kuota lokal, atau kuota malam saja.

Jika tidak teliti dalam proses pembeliannya, kemungkinan besar kuota lokal Indosat akan mengendap dan tidak bisa digunakan.

Memeriksa Kembali Masa Aktif Paket

Jika prosedur sebelumnya masih belum berakhir, alasan lain kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan bisa jadi mungkin saja masa aktif paket internet kamu sudah berlalu. Seperti yang kita pahami, total keseluruhan kuota pada paket Freedom Combo biasanya sekitar 20 GB dengan masa aktif 30 hari.

Sehingga apabila sampai waktu yang ditentukan internet tidak bisa digunakan, faktor penyebabnya mungkin saja adalah masa aktif yang sudah usai.

Restart Ponsel

kamu juga bisa memulai ulang perangkat ponsel yang digunakan jika kuota Indosat tidak dapat beroperasi. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan sistem yang sedang tidak stabil sehingga jaringan gagal mendeteksi eksistensi kuota lokal.

Untuk prosedur restart perangkat sendiri biasanya akan berbeda-beda, bergantung pada tipe dan merk smartphone yang digunakan. Namun umumnya, pengguna hanya perlu menekan dan menahan tombol power dan menekan opsi Restart.

Mengaktifkan Fitur Flight Mode

kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan

Tidak hanya berguna saat timbul gangguan pada jaringan, fitur flight mode juga dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi kuota lokal Indosat yang gagal digunakan.

Usai mode pesawat diaktifkan, silakan tunggu sampai beberapa menit sebelum menonaktifkannya kembali. Asalkan pengguna tidak melanggar salah satu ketentuan pemanfaatan kuota lokal Indosat, cara ini hampir selalu berhasil.

Menghubungi CS Indosat untuk tahu kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan

Jika dengan cara-cara di atas dan kuota lokal Indosat masih tidak bisa digunakan, kamu dapat menghubungi CS melalui kontak admin @IndosatCare yang tersedia di Twitter.

Silakan sampaikan permasalahan yang dihadapi dan tunggu hingga pihak CS merespon untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Cara Cek Kuota Lokal Indosat

Jangan-jangan, kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan karena memang kapasitasnya yang sudah habis. Pengguna sebaiknya memeriksa terlebih dahulu sisa kuota lokal yang dimiliki sebelum memulai salah satu prosedur di atas.

Adapun untuk bisa memeriksanya, kamu dapat menggunakan fitur SMS dengan cara menuliskan USAGE dan mengirimkannya ke nomor 363. Atau bisa juga melalui aplikasi MyIM3 yang dapat diunduh secara gratis pada perangkat Android melalui Google Play Store, maupun App Store untuk pengguna iOS.

kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan

Cukup buka aplikasi MyIM3 dan akses ke menu Data. lanjutkan dengan scroll ke bawah sampai menemukan opsi Kuota Lokal. Jika pada menu tersebut masih didapati sisa kuota aktif, pengguna bebas memanfaatkannya selama berada di area jangkauan paket.

Itulah beberapa alasan kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan, lengkap dengan cara mengatasi dan sisa kuota lokal yang tersedia. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan bukan?

Also Read