8 Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Habis

Mas Bambang

Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Habis

Topik bagaimana cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis termasuk salah satu topik yang paling banyak dicari khususnya untuk pengguna brand Tiongkok ini. Bukan rahasia lagi, bahwa Xiaomi menjadi penantang serius bagi brand lain, menawarkan spek yang lebih menggigit salah satunya kapasitas baterai yang besar. Tapi, masih banyak juga penggunanya yang mengeluhkan daya tahan baterainya yang sering melemah.

Ada beberapa solusi bagaimana cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis yang bisa Anda coba. Anda tidak harus mencoba semuanya, karena di kasus tertentu, masalah terselesaikan padahal mereka baru mencoba rekomendasi ketiga atau bahkan pertama.

Nah, selengkapnya ini adalah beberapa cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis.

Gunakan Custom ROM Xiaomi Resmi

Sebagai Mi Fans yang suka bergonta-ganti ROM di perangkatnya maka sekarang mungkin jadi momentum untuk mulai menggunakan custom ROM resmi saja. Perlu diketahui bahwa custom ROM di HP Xiaomi diyakini akan menyebabkan baterai Xiaomi menjadi lebih cepat habis, salah satunya dikarenakan proses booting yang lebih lama.

Harus diakui bahwa  Xiaomi memang menyediakan fleksibilitas untuk penggunanya yang ingin mencoba menggunakan ROM Xiaomi. Namun, karena lemahnya pengujian yang dilakukan pengembang ROM, tak jarang piranti lunak yang dihasilkan justru membuat baterai Hp Xiaomi jadi cepat habis atau boros tanpa disadari.

Hidupkan Fitur Hemat Baterai Xiaomi

Teruntuk Anda pengguna Xiaomi yang belum tahu bahwa di semua smartphone Xiaomi sudah terbenam fitur penghemat baterai. Fitur ini sangat membantu untuk membuat baterai Xiaomi tahan lama kendati digunakan secara agresif. Untuk mengaktifkan fitur hemat baterai di Hp Xiaomi, lakukan step-step ini:.

  • Buka Settings/Pengaturan
  • Pilih Battery & Performance
  • Beri tanda di pilihan Use Adaptive Battery

Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Habis

Begitu fitur ini aktif, maka perangkat Anda akan bekerja menggunakan mode terbatas yang membuat Hp Xiaomi akan melakukan optimalisasi secara otomatis, salah satunya dengan membunuh aplikasi yang tidak dipakai. Tidak cuma menghemat baterai, fitur ini juga akan berdampak baik ke pemakaian kuota karena menghentikan pemakaian oleh aplikasi di latar belakang.

Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Habis: Aktifkan Sleep Display

Cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis yang ketiga ini berhubungan layar, di mana secara default Xiaomi sudah membenamkan fitur auto sleep di perangkatnya. Fitur ini memungkinkan layar untuk mati secara otomatis dengan pengaturan waktu tertentu. Jika diset lama, misalnya 10 menit, maka layar akan terus-terusan hidup selama 10 menit walaupun hp tidak digunakan.

Tentu saja pengaturan ini bukanlah keputusan yang bersahabat untuk baterai. Maka, aturlah fitur auto sleep ini ke durasi yang lebih pendek, misalnya 5 menit atau 3 menit atau kurang.

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Cara mengatasi baterai Xiaomi cepat habis selanjutya adalah dengan memilih tingkat kecerahan layar yang tepat, sesuai kebutuhan dan bijaksana. Di hp Xiaomi, fitur ini bisa ditemukan di Pengaturan – Layar.

Kemudian, tentukan sendiri tingkat kecerahan layar yang sekiranya dibutuhkan. Atau, Anda bisa juga mengaktifkan fitur penyesuaian otomatis sehingga Anda tidak perlu repot membuka pengaturan ketika sedang repot. Cara cepatnya, Anda juga bisa menemukan tombol tingkat kecerahan layar di control center.

Instal Aplikasi Greenify

Menggunakan bantuan aplikasi bisa jadi salah satu cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis. Aplikasi yang kami sarankan adalah Greenify, sebuah aplikasi yang sangat membantu mengatur aplikasi mana saja yang boleh berjalan di latar belakang.

Aplikasi yang ditandai oleh Greenify akan secara otomatis mati dari latar belakang, sehingga mengakibatkan memori berjalan lebih ringan, penggunaan data juga ditekan yang kemudian akan berdampak positif bagi sumber daya, baterai jadi lebih awet.

Cek Stabilitas Sinyal

Kualitas jaringan cukup berpengaruh terhadap performa baterai. Coba perhatikan, ketika Anda berada di lokasi yang jauh dari sinyal internet, maka smartphone akan secara terus menerus mencoba menemukan jaringan yang lebih cepat, dari 3G, 4G hingga 5G secara bergantian.

Akibatnya, suhu smartphone akan lebih panas dari biasanya. Artinya, perangkat bekerja ekstra yang otomatis juga membebani baterai. Akibatnya, baterai menjadi lebih cepat terkuras. Maka, saat Anda merasa jaringan berjalan lambat. Jangan terlalu paksakan, coba temukan titik lain yang kualitas jaringannya lebih baik.

Kurangi Aktivitas di Dunia Maya

Di suatu titik, Anda harus terima bahwa perangkat yang Anda miliki memang sudah waktunya diisi ulang, bukan karena ada yang salah dengan hp Anda, tetapi memang dikarenakan aktivitas online Anda terlalu tinggi sementara kapasitas baterai tidak memadai.

Jika Anda memang bekerja secara online setiap hari, dan tidak memungkinkan untuk berhenti atau dikurangi. Maka, solusinya adalah dengan menambah sumber daya baterai, bisa dengan membeli smartphone dengan kapasitas baterai yang lebih besar atau menyiapkan perangkat pendukung misalnya powerbank.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Pada kasus tertentu, ada aplikasi yang bisa berjalan secara otomatis ketika hp dihidupkan. Padahal pengguna tidak secara sengaja menjalankan aplikasi tersebut. Artinya, semakin banyak aplikasi yang dipasang, maka sebagian berat pula beban kerja perangkat.

Jika beban kerja perangkat meningkat, sudah barang tentu ini akan berdampak pada kemampuan baterai untuk bertahan lebih lama. Maka, mencopot aplikasi yang tidak terlalu penting bisa jadi salah satu cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis yang ampuh.

Apabila Anda merasa sebagian besar aplikasi yang terpasang penting semua, maka cobalah periksa mana aplikasi yang menyita baterai lebih tinggi dari yang lain. Anda bisa berangkat dari sana, misalnya dengan mencopot aplikasi yang menguras baterai.

tulah dia beberapa cara mengatasi baterai Hp Xiaomi cepat habis yang bisa Anda coba di rumah. Tentu, saya akui tidak semua bisa diterapkan karena satu dan lain hal, tapi beberapa cara di atas sudah terbukti memberikan paling tidak alternatif solusi untuk permasalahan baterai di Hp Xiaomi.

Pencarian Populer

baterai dan performa di animasi dan layar redmi note 4 -

Also Read