2 Cara Reset HP Realme Tanpa Menghapus Data

Mas Bambang

Apakah kamu baru saja salah memasukkan password atau PIN 3 kali berturut-turut ketika unlock HP Realme sehingga HP tidak bisa dibuka? Kalau iya, kamu tentu harus tahu bagaimana cara reset HP Realme tanpa menghapus data. Dengan begitu, file-file yang ada di HP-mu tidak perlu dihapus total.

Hanya saja, sebaiknya kamu pastikan dulu bahwa file-file di HP sudah kamu amankan atau backup. Misal di-backup ke cloud seperti Google Photos atau Google Drive. Karena dengan begitu risiko data hilang jauh lebih minim. Jika kamu sudah membackup data-data foto dan video, maka setidaknya data yang hilang hanya aplikasi saja.

Kalau begitu, bagaimana ya cara reset HP tanpa hapus data? Secara garis besar, ada 2 cara yang bisa kamu coba: factory reset dan hard reset. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini, ya!

Reset HP Realme dengan Factory Reset

Factory reset merupakan proses yang dilakukan untuk mengembalikan HP ke settingan atau pengaturan pabrik. Jadi, kondisi HP dari segi sistem sama seperti ketika HP baru pertama kali keluar dari boks setelah kamu beli. Sedangkan cara reset HP Realme tanpa menghapus data dengan factory reset adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka dulu menu “Pengaturan”. Setelah itu, scroll dan pilih opsi “Pengaturan Tambahan”.

Cara Reset HP Realme Tanpa Menghapus Data

  • Pilih “Cadangkan dan Reset” agar data-datanya bisa di-backup (dicadangkan) dulu.

Cara Reset HP Realme Tanpa Menghapus Data

  • Pilih “Reset ke Data Pabrik”, kemudian pilih “Hapus Semua Data”. Setelah itu, sistem akan langsung memulai proses reset semua data yang ada di HP Realme-mu.
  • Proses wiping akan berjalan selama beberapa menit. Tunggu sampai prosesnya selesai dan pastikan kamu tidak mencoba menyalakan HP.

  • Setelah proses wiping selesai, HP-mu akan restart dan kembali menyala.

Reset HP Realme dengan Hard Reset

Sementara itu, hard reset sebenarnya mirip dengan factory reset. Artinya, settingan HP Realme-mu akan dikembalikan seperti settingan HP baru setelah melakukan hard reset. Yang membedakan keduanya adalah cara atau proses dalam melakukan reset.

Untuk cara melakukan hard reset di HP Realme-mu, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Matikan dulu HP-mu. Setelah itu, tekan tombol Power dan tombol Volume Down (Volume Min) bersamaan.
  • Sambil kedua tombol tadi terus kamu tekan, tunggu sampai muncul menu Recovery di layar HP.
  • Kalau sudah, kamu akan melihat opsi bahasa. Biasanya, opsi bahasa yang muncul adalah bahasa Inggris (English), Mandarin, dan Cantonese. Pilih “English”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Wipe Data”.
  • Layar akan menampilkan kode verifikasi. Masukkan kode tersebut sama persis.
  • Di tampilan berikutnya, pilih opsi “Format Data”. Setelah itu, HP akan segera memulai proses reset data. Kamu bisa tunggu selama beberapa saat sampai proses reset-nya selesai.
  • Setelah proses reset HP-nya sukses, layar akan menampilkan pesan bertuliskan “Wipe All Application Data Success”. Kemudian HP akan memulai proses restart dan kembali menyala.

Mengapa Perlu Tahu cara reset HP Realme tanpa menghapus data?

Seperti yang sempat disinggung di awal artikel, reset HP Realme bisa membantumu mengatasi masalah tidak bisa unlock HP karena salah memasukkan password, PIN, ataupun pattern berkali-kali. Mengingat ini demi keamanan perangkat, memang dari Realme sudah membuat setting bahwa HP akan terkunci otomatis dan hanya bisa digunakan kembali setelah kamu melakukan reset.

Meski begitu, cara reset HP Realme tanpa menghapus data tidak hanya bisa dilakukan untuk membuka kembali HP yang terkunci gara-gara lupa password. Kalau ternyata ada virus atau malware di HP Realme-mu, kamu juga bisa mengatasinya dengan cara reset sehingga perangkatmu kembali bersih.

Tak hanya itu saja, reset HP juga bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja HP-mu. Misal HP-mu beberapa waktu belakangan ini jadi lemot. Dan jikaada beberapa aplikasi yang terus-menerus mengalami eror saat digunakan meskipun kamu sudah update ke versi terbaru, kamu juga bisa mengatasinya dengan cara melakukan reset HP.

Itu tadi panduan cara reset HP Realme tanpa menghapus data yang bisa kamu lakukan. Cara-cara di atas tidak membutuhkan koneksi internet, ya. Artinya, kamu bisa melakukan factory reset maupun hard reset secara offline alias tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Dan ingat, pastikan bahwa kamu sudah backup semua file atau data juga.

Pencarian Populer

https://www banyupos com/1571/cara-reset-hp-realme-tanpa-menghapus-data html -

Also Read