10 Alasan Kenapa Sinyal Smartfren Jelek dan Penjelasannya

Mas Bambang

Kenapa Sinyal Smartfren Jelek

Kenapa sinyal smartfren jelek? Di zaman sekarang memang sinyal menjadi nyawa bagi millennials. Tanpa adanya internet, rasanya hidup akan terasa hampa.

Ini memang tidak dirasakan oleh semua orang, namun jika koneksi yang melambat tersebut terjadi di saat-saat genting, maka menjadi masalah besar. Tentu saja lambatnya koneksi internet kamu akan selalu ada penyebabnya, seperti di bawah ini:

Berada di parkiran

Seringkali saat di parkiran kamu tidak mendapatkan sinyal ponsel dan internet lambat. Terdapat beberapa hal yang bisa diketahui Kenapa sinyal smartfren jelek, antara lain:

Pertama, tempat parkir terlalu tinggi;

Kedua, parkiran mempunyai dinding yang tebal dan tertutup sehingga sinyal tidak bisa dijangkau. Sebetulnya, tidak hanya di parkiran saja, namun ini biasa terjadi saat memasuki terowongan yang panjang.

Cuaca yang buruk bisa jadi alasan Kenapa Sinyal Smartfren Jelek

Di Indonesia sendiri, cuaca yang sangat mempengaruhi koneksi internet Smartfren apalagi saat musim penghujan. Saat hujan deras, entah dari bagaimana ceritanya koneksi tersebut bisa saja mendadak berubah jadi tidak lancar bahkan melambat.

Diperkirakan sinyal internet Smartfren yang ada di udara akan terhalang oleh titik-titik hujan. Sehingga membuat sinyal menjadi hilang seketika tanpa tahu penyebabnya.

Jaringan terlalu sibuk

Prime time bisa menjadi salah satu permasalahan kenapa sinyal smartfren jelek. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet Smartfren saat bersamaan juga akan menjadikan jaringan terbagi-bagi.

Sehingga mau tidak mau akan menjadi lambat. Konsepnya sebenarnya sana seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak.

Selain itu, bisa juga karena ada yang melakukan unduh dengan menggunakan banyak bandwidth. Apabila sudah seperti ini, maka satu-satunya solusi yaitu menunggu sampai penggunanya berkurang.

Aplikasi yang mengganggu

Sebagian besar aplikasi yang aktif terus bisa menjadi salah satu alasan koneksi internet kamu lambat. Mulai dari aplikasi Spotify, Instagram dan aplikasi messenger yang menyala bersamaan akan membuat kecepatan internet semakin lambat.

Oleh karena itu, kamu dapat mematikan koneksi seluler aplikasi-aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu berguna. Selain itu, kamu juga bisa pakai di menu pengaturan.

Kartu SIM bermasalah

Penyebab kenapa sinyal smartfren jelek selanjutnya, bisa jadi kartu SIM tersebut mempunyai frekuensi yang berbeda. Sehingga secara tiba-tiba koneksi internet akan mati sama sekali.

Oleh karena itu, kamu hanya dapat membawa kartu SIM langsung ke provider untuk dibenarkan. Dengan begini, kartu Smartfren dapat digunakan kembali.

Kuota habis

Umumnya, Paket sudah memiliki bonusan yang akan membuat kamu bisa menikmati jaringan internet lebih banyak dan lebih lama. Akan tetapi, biasanya bonusan ini malah mendapatkan batasan kecepatan.

Umumnya, Batasan ini hanya berlaku untuk bonusan yang dapat digunakan saat jam kerja atau prime time. Sehingga hal inilah yang menyebabkan jaringan internet Smartfren menjadi lambat.

Layanan provider yang belum sampai ke area tersebut

Apabila kamu menggunakan ponsel saat masuk pedalaman, maka biasanya koneksi internet akan menjadi lambat sehingga jadi salah satu penyebab kenapa sinyal smartfren jelek. Hal ini karena koneksinya terhalang oleh pepohonan, namun ada satu lagi yang menjadi masalah, yakni area provider belum sampai ke sana.

Jadi terlalu jauhnya dari menara sinyal bisa juga membuat internet lambat bukan main. Oleh karena itu, usahakan rumah kamu dekat dengan tower agar koneksi internet berjalan lancar.

Sedang ada maintenance atau perbaikan

Tidak ada yang lebih parah dibandingkan hal ini. Perbaikan maupun maintenance jelas bisa mempengaruhi kecepatan koneksi dan tidak ada yang dapat dilakukan selain kamu menunggu sampai benar.

Apabila sudah seperti, maka cobalah untuk menggunakan WiFi. Dikarenakan kamu tidak tahu sampai kapan perbaikan tersebut terjadi.

Jaringan kebobolan

Alasan kenapa sinyal smartfren jelek berikutnya, bisa jadi pula portable hotspot lupa Ansa matikan atau ada orang yang tersambung dengan hotspot tersebut. Hal ini tentu saja membuat kuota yang termakan.

Sehingga akan melambatkan koneksi jaringan sekaligus menghabiskan kuota tersebut. Oleh karena itu, pastikan handphone kamu sudah membatasi pemakaian kuota.

Kamu juga bisa mengecek daftar perangkat yang terhubung ke hotspot kamu, kemudian dihapus atau bisa juga dibatasi jumlah perangkat yang terhubung.

Sistem operasi sedang bermasalah

Koneksi internet bisa saja lambat namun tidak selalu menjadi masalah provider. Bahkan, ada kalanya datang dari smartphone sendiri, yakni dari sistem operasi.

Cara untuk mengatasi hal ini sebenarnya hanya dengan melakukan menyalakan ulang ponsel tersebut. Agar masalah tersebut bisa selesai. Itu saja beberapa informasi terkait kenapa sinyal smartfren jelek. Semoga bermanfaat!

Pencarian Populer

https://www banyupos com/1604/kenapa-sinyal-smartfren-jelek html -

Also Read