Cara Cek Nomor Seri Iphone Asli Atau Palsu

4 Cara Cek Nomor Seri iPhone Asli Atau Palsu, Supaya Jangan Sampai Tertipu

Semakin hari, peminat ponsel iOS semakin meningkat. Tak hanya di Indonesia, namun juga di berbagai wilayah di dunia. Akibatnya, banyak bermunculan oknum bodong yang menjual perangkat palsu demi meraup untung lebih.

Beruntungnya, setiap ponsel besutan Apple ini digawangi dengan nomor seri atau Imei yang dapat menunjukkan keaslian produknya. Tapi bagaimanakah cara cek nomor seri iPhone asli atau palsu?

Mengenal Imei Lebih Jauh

Secara umum, tampilan iPhone asli dan replika memiliki kesamaan di atas 80%. Meskipun demikian, pengguna tetap dapat membedakan kedua produk tersebut dengan berbagai macam cara. Salah satunya ialah memeriksa nomor Imei dari ponsel tersebut.

Imei sendiri merupakan istilah yang merujuk pada International Mobile Equipment Identity, dimana hal ini berarti kode produksi untuk membedakan suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Sehingga dapat disimpulkan, setiap perangkat iPhone mempunyai Imei yang berbeda-beda.

Saat hendak membeli iPhone, terdapat beberapa highlight penting yang wajib diperhatikan, diantaranya adalah apakah Imei yang tercantum di body ponsel sama dengan kotaknya. Disisi lain, penjual juga sering kali mencatat Imei untuk keperluan klaim garansi.

Fungsi Nomor Imei pada Iphone

Bisa dibilang, nomor seri merupakan bagian terpenting dari setiap ponsel. Kendati demikian, masih banyak orang yang acuh dan tidak menyadari betapa pentingnya keberadaan nomor Imei. mereka seringkali tidak melakukan pemeriksaan lebih dulu saat membeli suatu perangkat elektronik. Padahal, toko resmi yang menjual gadget Apple pun tidak mampu menjamin bahwa ponsel yang dijualnya adalah 100% asli.

Di samping untuk membedakan iphone asli dan palsu, Imei juga berguna untuk mengatasi tindak pencuri yang mengambil ponsel Anda.

Mudah saja, saat Anda mengetahui bahwa ponsel iPhone dicuri, Anda dapat melaporkan permasalahan ini segera ke provider operator seluler yang digunakan. Dalam kurun waktu singkat, pihak provider bakal langsung melacak keberadaan iPhone yang dicuri.

Selain itu, pihak provider juga bisa membantu memblokir iPhone sementara jika memang benar-benar dicuri. Sehingga pencurinya pun tidak akan bisa mengoperasikan iPhone tersebut dalam waktu yang lama.

Adapun lokasi dari pencuri juga bisa dilacak melalui kantor provider yang Anda gunakan. Pemeriksaan nomor Imei menjadi hal krusial yang harus dilakukan saat akan membeli smartphone. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan pengecekan Imei, baik secara online maupun offline, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli iPhone.

Cara Cek Nomor Seri Iphone Asli Atau Palsu

Ada beberapa Cara Cek Nomor Seri Iphone Asli Atau Palsu yang bisa digunakan untuk memeriksa keaslian iPhone melalui nomor serinya, satu diantaranya adalah:

  • Melalui Sistem iPhone

Metode paling mudah untuk memeriksa Imei ialah dengan menggunakan pengaturan sistem iPhone. Mula-mula, silakan masuk ke menu Settings dan buka opsi General. Kemudian, lanjutkan dengan klik menu About. Pada kolom About, carilah Imei iPhone tersebut.

Untuk menjadi tambahan informasi, selain Imei, pengguna juga bisa memeriksa ICCID lewat prosedur ini.

  • Melalui Fisik Ponsel

Nomor seri iPhone asli juga tertera pada bagian fisiknya. Untuk dapat memeriksanya, pengguna perlu membuka casing bagian belakang dan tinggalkan baterai yang terinstall di sana. Biasanya, nomor Imei bakal tercantum di dekat slot kartu SIM.

  • Melalui Kode Khusus

Usut punya usut, metode satu ini terbilang sangat efektif untuk memeriksa nomor seri dari berbagai jenis ponsel, baik iOS maupun Android. Caranya ialah dengan membuka menu Panggilan seolah Anda hendak melakukan panggilan telepon. Setelah itu, tuliskan kode *#06#, kemudian layar ponsel akan segera menampilkan nomor seri dari ponsel yang Anda gunakan.

  • Melalui iTunes

iTunes agaknya tidak hanya berguna untuk mengisi musik ke perangkat iPhone. Software ini ternyata hya bisa digunakan untuk memeriksa nomor seri dari iPhone asli. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, cukup dengan menyambungkan ponsel iPhone ke komputer yang sebelumnya sudah diinstall iTunes.

Setelah itu, klik Library pada iTunes sesaat setelah kedua perangkat berhasil terhubung. Secara otomatis, data dari iPhone bakal ditampilkan di layar, termasuk dengan nomor seri dari ponsel tersebut.

Usai berhasil mengetahui nomor seri dari ponsel iPhone asli, pengguna bisa membandingkannya dengan apa yang tercantum di dusbook. Ponsel resmi yang asli akan mempunyai nomor seri yang sama pada bagian dusbook, sistem, hingga fisiknya.

Bagaimana Jika Imei Tidak Terdaftar?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika ternyata Imei tersebut tidak terdaftar? Sejumlah penjual penipu mungkin menjual ponsel mereka dengan mengakali Imei pada ponsel dan dusnya. Jika sudah begini, tentu akan sulit untuk memastikan iPhone asli lewat cara fisik.

Saat Imei iPhone tidak terdaftar di halaman Kementerian Perindustrian, besar kemungkinannya iPhone bakal mengalami pembatasan akses jaringan seluler hingga terblokir secara permanen.

Itulah beberapa cara cek nomor seri iPhone asli atau palsu yang bisa dicoba untuk memeriksa keaslian perangkat ponsel Anda.

Check Also

Game Lato Lato Android

6 Game Lato-Lato Android Yang Banyak Digandrungi Bocil

Game Lato-Lato Android – Sudah lama hilang tanpa kabar, permainan jadul lato-lato kembali viral dan …