4 Cara Mengetahui Handphone Disadap, Awas Bisa Bahaya Kalau Dibiarkan

Hikma Lia

Cara Mengetahui Handphone Disadap

Banyupos.com – Di era serba smartphone, banyak orang ketakutan kalau handphone disadap orang lain. Namun ada cara mengetahui handphone disadap. Kamu bisa cek dari ciri-ciri yang ada ketika handphone dibajak oleh hacker atau cracker.

Coba segera cek tempat kamu bila sering menemukan kejanggalan. Handphone dibajak orang bisa menjadi hal yang sangat berbahaya. Terlebih lagi hampir segala data privasi seseorang juga tersimpan di handphone.

Maka dari itu, kamu perlu selalu berhati-hati ketika akan download aplikasi di luar Google Play Store. Bahkan kamu juga harus waspada ketika membuka suatu website. Sebuah website bisa saja telah disusupi dengan virus dan malware.

Jika sudah disusupi virus atau malware, maka besar kemungkinan handphone mudah dibajak atau disadap. Langsung saja kita bahas mengenai beberapa ciri-ciri dari handphone disadap.

Cara Mengetahui HP Disadap via WA

[irp posts=”958″ ]

Cara Mengetahui HP Disadap WA

Kamu bisa saja lho mencari tahu handphone sudah disadap dari WA. Cara mengetahui handphone disadap lewat aplikasi ini adalah yang paling mudah. Terdapat banyak tanda-tandanya yang dapat disimak berikut.

  1. OTP

Hacker dan cracker paling senang melihat isi pesan WA yang berupa OTP. Padahal OTP sendiri merupakan kode yang sangat rahasia dan hanya boleh diketahui orang yang punya handphone atau WA.

Maka dari itu, kamu juga perlu menjaga kerahasiaan dari siapapun ketika melakukan OTP untuk tujuan apapun. Bahkan sistem OTP juga sering dipakai pada transaksi e-banking.

  1. Keluar WA Tiba-Tiba

Kamu tidak pernah keluar dari akun Whatsapp. Namun suatu hari mendapati bahwa akun WA telah log out. Jika terjadi hal yang demikian, kamu harus curiga karena ini merupakan salah satu tanda handphone telah disadap.

Kamu dapat periksa berapa perangkat yang mengakses akun kamu. Caranya adalah masuk ke bagian menu WhatsApp Web dan coba cek, maka akan terlihat ada berapa perangkat yang terhubung ke akun.

  1. Pesan Terbaca Padahal Belum Kamu Baca

Ciri lain yang sangat ketara ketika handphone disadap adalah ada pesan yang statusnya sudah terbaca. Padahal kamu belum pernah membuka pesan itu sama sekali.

Kamu jelas harus curiga jika pernah mengalami kejadian ini. Terlebih lagi bagi yang pesannya sering terbaca dimana kamu jarang sekali membuka WhatsApp.

Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh

Penyadapan terhadap handphone tidak hanya dapat dilakukan melalui WA. Kamu harus tahu kalau penyadapan juga banyak yang dilakukan jarak jauh. Ada beberapa cara mengetahui handphone disadap jarak jauh.

  1. Ada Aktivitas yang Aneh di Handphone

Tanda-tanda bahwa smartphone sempat disadap jarak jauh adalah terdapat aktivitas yang tidak normal. Seringkali aktivitas abnormal tersebut terjadi di media sosial milik korban, email, sampai aplikasi tertentu.

Aktivitas abnormal yang dimaksud adalah kamu tidak melakukannya, tetapi tiba-tiba ada rekam jejak yang memberitahukan kamu melakukan hal-hal di beberapa media tadi. Penyadapan sendiri terjadi untuk menjalankan kegiatan pakai akun orang lain tanpa diketahui oleh pemilik.

  1. Tiba-Tiba Handphone Menjadi Panas dan Lemot Tanpa Sebab yang Jelas

Pertanda lain ketika handphone disadap orang jarak jauh adalah cepat panas dan lemot padahal tidak menjalankan aplikasi apapun. Kamu juga tidak menggunakan handphone dalam waktu lama.

Penting dipahami bahwa handphone yang belum dilakukan update sistem operasi dan tidak ada aplikasi yang sedang dioperasikan, tetapi performa tetap lambat dan cepat panas, segera waspada. Biasanya terdapat kecenderungan ada malware yang berjalan pada latar belakang.

Cara Mengetahui HP Disadap Melalui GPS

Penyadapan handphone seseorang bisa terjadi melalui GPS. Ada tanda-tanda ketika hp seseorang diretas lewat GPS. Beberapa cara mengetahuinya dapat simak berikut.

  1. Ada Aktivitas Aneh pada HP

Kamu sering mendapati handphone menjalankan aplikasi aneh-aneh secara tiba-tiba. Kemudian kamu juga pernah melihat ada notifikasi muncul. Padahal kamu tidak sedang menggunakan handphone.

Lebih mengerikan lagi, kamu pernah mendengar munculnya suara aneh. Nyatanya kamu tidak sedang menyalakan Youtube atau aplikasi yang mengeluarkan suara. Pertanda paling mutlak bahwa HP kamu sedang disadap lewat GPS adalah pernah restart sendiri.

  1. HP Sulit untuk Dimatikan

Kamu juga dapat mengetahui apakah suatu hp disadap atau tidak dari kemudahan dimatikan. Handphone yang mudah dimatikan ketika kamu memerlukan, maka itu pertanda handphone yang bebas disadap.

Namun bagi hp yang disadap akan perlu waktu cukup lama sampai hp mau dimatikan. Proses ini dapat kamu tes langsung setelah melakukan aktivitas menelpon maupun mengirim pesan. Penyadap perlu waktu untuk mengirim rekaman telepon dan pesan sehingga perlu waktu lama bagi hp korban untuk dimatikan.

  1. Ada Pesan Teks Aneh Isinya Simbol

Cara lain yang dapat kamu pakai untuk mengetahui apakah hp disadap atau tidak dari keberadaan pesan berisikan teks maupun simbol aneh. Simbol aneh tersebut juga bisa berupa karakter acak.

Kamu yang pernah menemukan hal itu di handphone harus berhati-hati. Itu pertanda handphone tengah disadap. Simbol dan karakter aneh berasal dari remote control yang ada di software penyadap.

Kamu dapat mengatasi hal ini dengan menghapus aplikasi penyadap yang terinstal ke hp kamu. Reset hp kembali ke setelan pabrik. Otomatis hp akan terbebas dari bentuk penyadapan dengan tanda seperti ini.

Cara Mengetahui HP Disadap Polisi

Cara Mengetahui HP Disadap Polisi

Polisi juga dapat melakukan penyadapan terhadap hp seseorang yang dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 yang berkaitan Hukum Acara Pidana. Apabila tidak terdapat bukti bahwa seseorang melakukan tindak pidana, maka aparat kepolisian tidak boleh melakukan penyadapan terhadap hp seseorang.

Sebenarnya tanda-tanda dari hp yang tengah disadap polisi tidak bisa dibedakan dari hp yang disadap oleh hacker maupun cracker. Jadi cara mengetahuinya adalah melihat tanda-tanda dari adanya aktivitas mencurigakan atau tidak. Namun bagi orang yang memang bersalah, sebaiknya menyerahkan diri saja ke kepolisian agar mendapatkan keringanan hukuman.

[irp posts=”1088″ ]

Cara Mengetahui Handphone Disadap atau Tidak

Kamu juga bisa mencari tahu apakah hp sedang disadap atau tidak. Berdasarkan Kompas, terdapat beberapa cara yang dapat dipakai untuk mengetahuinya. Kamu bisa simak di sini beberapa cara mengetahuinya.

  1. Muncul Gangguan Statis

Ketika hp seseorang disadap, bisa jadi pernah atau sering terjadi gangguan statis. Gangguan statis akan sangat kentara saat kamu sedang tidak menelpon.

Cukup letakkan ponsel dekat dengan perangkat elektronik lainnya yang kamu miliki. Apabila kamu mendengarkan adanya suara aneh, itu ciri kalau ada orang yang menyadap hp.

  1. Keberadaan Aplikasi Asing

Kamu tidak merasa menginstal sebuah aplikasi dan menyadari aplikasi tersebut tidak ada di hp sebelumnya. Aplikasi asing tersebut bisa saja membawa malware maupun spyware.

Aplikasi yang demikian berpotensi untuk akses data privasi. Beberapa contoh dari data privasi yang dimaksud adalah daftar kontak, buku alamat, dan riwayat panggilan.

Cukup banyak bukan cara mengetahui handphone disadap atau tidak. Pastikan kamu periksa satu-satu adakah tanda di hp untuk bisa benar-benar menyimpulkan handphone telah disadap.

Also Read