Apa Saja Bansos yang Cair Bulan September 2021

Inilah Daftar Bansos yang Cair di Bulan September 2021

Banyak bansos dari pemerintahan kembali cair pada September 2021 ini. Setidaknya ada enam bansos untuk warga umum yang cair pada September 2021 ini.

Pemerintahan akan salurkan beberapa bansos ke warga terimbas wabah Covid-19 pada September 2021 ini. Bansos pemerintahan pada September 2021 itu salah satunya dibujetkan lewat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang nilainya bertambah dari Rp 699 triliun ke kisaran Rp 744 triliun.

Bansos pemerintahan pada September 2021 itu diberi lewat kementerian terkait, seperti Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), dan lain-lain.

Daftar Bansos yang Cair dan Disalurkan di Bulan September 2021

Minimal ada 6 tunjangan pemerintah yang akan diberi pada bulan September 2021. Apa saja itu? Berikut daftar bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021:

Subsidi listrik PLN

Salah satunya bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021 ialah subsidi listrik PLN. Pemerintahan kembali perpanjang subsidi listrik sampai Desember 2021 kedepan.

Stimulan listrik ialah program pemberian potongan harga biaya listrik konsumen setia rumah tangga, usaha, dan industri sebagai sisi rangsangan ekonomi karena wabah Covid-19. Ada 2 langkah untuk memperoleh kontribusi bantuan listrik yaitu lewat web dan program PLN Mobile, yaitu:

a. Lewat web portal.pln.co.id

  • Buka situs www.portal.pln.co.id
  • Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
  • Masukan ID Pelanggan atau nomor KTP, nama komplet, alamat dan kode captcha atau Nomor Meter
  • Selanjutnya Token Gratis akan diperlihatkan di monitor
  • Pelanggan dapat masukkan Token Gratis itu ke meteran yang sama dengan ID Pelanggan.

b. Lewat aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload di PlayStore atau AppStore

  • Click “PLN Peduli Covid-19” di bagian Informasi dan Promosi
  • Masukan ID Pelanggan/Nomor Meter Token gratis akan ada
  • Konsumen dapat masukkan Token Gratis itu ke meteran yang sesuai ID Pelanggan
  • Bila pelanggan terhitung dalam kelompok yang menerima potongan harga listrik, maka ada info besaran potongan harga yang diberi.
TRENDING:  Sekarang Tiket Bus AKAP Terminal Pulo Gebang Bisa Dipesan secara Online

Bantuan kuota internet

Setelah itu, bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021 ialah bantuan kuota internet. Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menjelaskan, bantuan paket internet ini akan didistribusikan secara periodik tiap bulannya di tanggal 11-15. Diawali dari 11-15 September, 11-15 Oktober, lalu 11-15 November 2021.

Paket bantuan internet berlaku sepanjang 30 hari semenjak diterima. Bantuan kuota internet diberi buat memberikan dukungan aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke 26,8 juta pelajar dan tenaga pendidik dari beragam tingkatan pendidikan.

Berikut perincian besaran paket internet yang diterima:

  • Pelajar PAUD akan terima bantuan kuota internet sejumlah 7 GB /bulan.
  • Pelajar SD, SMP, dan SMA akan mendapat bantuan paket internet sejumlah 10 GB.
  • Pengajar PAUD dan tingkatan pengajaran SD sampai SMA akan memperoleh jatah bantuan internet sebesar 12 GB /bulan.
  • Khusus untuk mahasiswa dan dosen akan terima bantuan kuota internet sejumlah 15 GB /bulan.

Bantuan Subsidi Upah/Gaji (BSU)

Selanjutnya, bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021 ialah bantuan subsidi upah untuk beberapa karyawan. BSU Tahap 1-3 sudah didistribusikan, sekarang warga menanti tahap 4.

Yang menerima bantuan subsidi upah ialah beberapa karyawan/pekerja yang terimbas wabah corona. Tunjangan pemerintah itu ditransfer lewat rekening. Bantuan itu sebetulnya ialah bantuan upah/gaji sejumlah Rp 500.000 untuk 2 bulan yang dibayar sekaligus, maka dari itu yang menerima bantuan mendapatkan Rp 1 juta sekaligus.

Adapun persyaratan yang menerima BSU tahun ini ialah:

  • Warga negara Indonesia yang ditunjukkan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan.
  • Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d bulan Juni 2021.
  • Memiliki upah/gaji paling banyak sejumlah Rp 3,5 juta /bulan (atau sama sesuai UMK).
  • Bekerja di daerah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 (tiga) dan level 4 (empat) yang diputuskan oleh pemerintahan.
  • Diprioritaskan yang bekerja pada bidang usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, property dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai kategorisasi data sectoral di BPJS Ketenagakerjaan.
TRENDING:  Berikut Syarat dan Ketentuan Penerima PKH (Program Keluarga Harapan)

Namun beberapa karyawan yang telah terima ialah beberapa pemilik rekening Himbara. Untuk yang tidak mempunyai rekening tersebut belum terima bantuan, seperti diterangkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. “Ini yang bisa ditransfer ialah mereka yang banknya Bank Himbara. Selanjutnya akan dibukakan untuk rekan-rekan karyawan yang belum mempunyai rekening Himbara,” tutur dia.

Sambungnya, karyawan/pekerja yang sudah penuhi syarat dan belum mempunyai rekening Bank Himbara akan dibukakan rekening baru secara kolektif.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Daftar bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021 ialah PKH. Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan jika program PKH masih berjalan sampai Desember 2021.

Berikut target dan besarnya uang bantuan yang diberi:

  • Bantuan PKH untuk ibu hamil: Rp 3 juta/tahun (Rp 750.000/triwulan)
  • Bantuan PKH untuk balita: Rp 3 juta/tahun (Rp 750.000/triwulan)
  • Bantuan PKH untuk pelajar SD: Rp 900.000/tahun (Rp 125.000/triwulan)
  • Bantuan PKH untuk pelajar SMP: Rp 1,5 juta/tahun (Rp 75.000/triwulan)
  • Bantuan PKH untuk pelajar SMA: Rp 2 juta/tahun (Rp 500.000/triwulan)
  • Bantuan PKH untuk disabilitas: Rp 2,4 juta/tahun (Rp 600.000/triwulan)
  • Bantuan PKH untuk lanjut usia: Rp 2,4 juta/tahun (Rp 600.000/triwulan)

Total target program ini ialah 10 juta keluarga. Lantaran rata-rata anggota keluarga empat orang, maka dari itu total yang menerima 40 juta orang. Total bujet untuk program ini ialah Rp 28,31 triliun.

TRENDING:  Cara Mudah Cek Bansos dari Kemensos di Aplikasi Cek Bansos

Kartu Sembako

Disamping itu, daftar bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021 ialah kartu sembako. Program Kartu Sembako akan jalan bulan September ini. Hal tersebut dikatakan dalam kesempatan yang sama oleh Sri Mulyani.

Tiap keluarga memperoleh bantuan Kartu Sembako sejumlah Rp 200.000 /bulan dari Januari sampai Desember. “Pemerintahan memberinya Kartu Sembako ke 18,8 juta keluarga. Di mana yang 10 juta ialah keluarga PKH tadi,” kata Sri Mulyani.

Kartu Prakerja

Selanjutnya, bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021 ialah Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja yang diawali semenjak tahun kemarin masih diteruskan sampai sekarang. Di pertemuan terbatas disebut Sri Mulyani jika program itu akan dibuka kembali untuk 2,8 juta peserta.

“Kami akan tambah Rp 10 triliun lagi, hingga program prakerja dapat menambahkan jumlah peserta dengan tambahan 2,8 juta peserta,” tutur Sri Mulyani.

Di semester ke-2 2021 yang telah dibuka ialah gelombang 18 dan gelombang 19. Masing-masing paketnya 800.000 orang. Registrasi Prakerja gelombang 19 sudah ditutup pada 29 Agustus 2021. Hingga keseluruhan paket yang sisa ialah 1.200.000 orang.

Registrasi Prakerja umumnya dibuka tiap minggunya. Sekarang warga masih menunggu pembukaan Prakerja Gelombang 20 yang kemungkinan akan dibuka minggu ini.

Download dan Daftar Aplikasi Cek Bansos Di Sini

Itu daftar bansos pemerintahan yang hendak cair pada September 2021. Mudah-mudahan bansos pemerintahan dapat mengurangi beban warga yang tertekan ekonominya karena wabah Covid-19.

Check Also

nilai ambang batas, download nilai tes dan link live score SKD CPNS

Nilai Ambang Batas, Download Sertifikat Nilai Tes dan Link Live Score SKD CPNS 2021

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar untuk kandidat Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2021 (SKD CPNS 2021 …