Kenapa Live Tiktok Tidak Ada Penonton? Coba Atasi dengan 4 Tips ini

Mas Bambang

kenapa live tiktok sepi penonton

Pertanyaan “kenapa live tiktok tidak ada penonton” barangkali ada di benak Anda ketika sudah semangat untuk menyiarkan secara langsung ke TikTok tapi hasilnya tidak sesuai harapan.

Anda tidak sendirian!

Ada ribuan orang yang menggunakan TikTok Live punya pengalaman serupa, dan ini bukan sesuatu yang harus dirisaukan, terutama jika Anda baru saja mencoba pertama kali. Dan, Anda juga bukan publik figur yang sudah punya basis penggemar. Jadi ini perkara wajar. Yang perlu dipertanyakan adalah; apa persiapan yang sudah Anda lakukan sebelum melakukan live streaming ke TikTok?

Nah, kalau Anda belum punya jawabannya, artikel ini akan memberikan beberapa tips yang akan mengubah persepsi Anda selamanya.

4 Tips untuk Menjawab Kenapa Live Tiktok Tidak Ada Penonton

Tentukan Niche atau Topik

Kesalahan mendasar pemula ketika melakukan live ke TikTok adalah topik yang tidak konsisten, bahkan cenderung serampangan. Padahal, algoritma TikTok akan bekerja dengan baik jika sebuah akun secara konsisten mengunggah video dengan topik yang sama atau mendekati.

Jadi, misalnya Anda menentukan topik yang ingin dibahas adalah soal Fashion. Maka, konten di akun TikTok dan live video yang Anda siarkan sebisa mungkin relevan dengan topik tersebut. Jangan lompat sana-sini, yang justru akan membuat algoritma TikTok kebingungan. Bukan cuma algoritma, follower yang sudah kadung mengikuti Anda juga nantinya merasa bingung, Anda ini sebenarnya mau bahas apa.

Sudah paham, kan?

Tentukan satu topik besar, kemudian bahas seputar topik itu. Jangan bahas yang lain!

Prime Time

Setelah menentukan topik yang ingin dibahas baik di akun maupun saat sesi live, sekarang penting untuk mengetahui prime time di TikTok. Umumnya, jam paling pas untuk melakukan live adalah dari jam 3 sore hingga jam 10 malam. Tabel ini bisa jadi acuan.

kenapa live tiktok tidak ada penonton

Tetapi, setiap akun punya perilaku follower yang berbeda, sehingga untuk awal, cobalah melakukan live di jam-jam tersebut secara random. Nantinya, Anda akan menemukan kira-kira jam berapa yang penontonnya relatif lebih ramai dari sesi live lainnya. Nah, jadikan jam itu sebagai jam jadwal live Anda berikutnya.

Selain untuk mendapatkan interaksi yang positif, prime time ini juga sebaiknya disesuaikan kembali dengan ketersediaan waktu Anda. Jangan karena hanya mengikuti rekomendasi Saya, kemudian Anda mengorbankan waktu yang semestinya Anda pergunakan untuk beristirahat. Sehat itu mahal, ingat ya.

Durasi Live

Kalau kemudian Anda bingung kenapa live tiktok tidak ada penonton, coba introspeksi lagi, kira-kira berapa durasi yang Anda habiskan untuk bertahan di sesi tersebut?

Apakah 15 menit, 30 menit atau 1 jam?

Kenapa ini penting? Karena TikTok tidak melayani Anda seorang. Ada ratusan juta penggunanya yang juga merengek menuntut view. Padahal, TikTok hanyalah mesin yang sudah diprogram oleh pembuatnya. Maka, Andalah yang harus menyesuaikan diri dengan algoritmanya.

Durasi jadi salah faktor yang cukup menentukan, karena Tiktok membutuhkan waktu untuk mendistribusikan video Anda berdasarkan minat orang-orang yang relevan. Kemudian setelah mereka mendapatkan sinyal dari 100 orang pertama, TikTok akan kembali mendistribusikan konten live Anda ke lebih banyak pengguna. Selanjutnya, TikTok menyerahkan ke penonton apakah mereka ingin bertahan di sesi live Anda atau balik kanan.

Cobalah untuk bertahan di live selama minimal 2 jam, kemudian lakukan secara konsisten, bukan hanya sesekali ketika ingin saja.

Konsistensi

Faktor yang juga bisa menjawab persoalan kenapa live tiktok tidak ada penonton, mengapa view drop dan semacamnya adalah konsistensi.

Konsistensi oleh banyak tokoh, motivator, pembicara dan coach bisnis disebut sebagai kunci dari segala jenis bisnis, tidak terkecuali di perkara TikTok Live ini. Selain menyiapkan energi untuk live selama 2 jam, Anda juga harus melakukannya secara terus menerus di jam yang sama.

Misalnya, hari ini Anda memutuskan untuk live di jam 20.00. Maka, besok Anda juga disarankan untuk live di jam yang sama, di jam 20.00. Kalau durasinya 2 jam, maka di jam 22.00 Anda baru off.

Tidak cuma soal jam yang sama. Penting juga untuk melakukan sesi live streaming non stop di 3 bulan pertama. Ini bertujuan untuk membentuk branding di akun Anda, sehingga orang mulai mengenal dan TikTok pun bisa mengenali Anda sebagai akun yang aktif berkontribusi ke platform mereka.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat, semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak lagi berkeluh kesah kenapa live tiktok tidak ada penonton.

Pencarian Populer

https://www banyupos com/1495/kenapa-live-tiktok-tidak-ada-penonton html -

Also Read