Cara Cek Garansi Realme Online via IMEI, Ternyata Segampang Ini

Buat yang menggunakan HP Realme baru, kamu bisa mendapatkan garansi selama 12 bulan yang berlaku sejak pembelian. Kalau kamu sudah menggunakan HP-mu cukup lama, wajar jika kamu lupa apakah masa garansimu masih aktif atau tidak. Untuk memastikannya, kamu bisa coba cara cek garansi Realme online via IMEI yang akan dijelaskan di sini.

Mengapa Harus Cek Garansi?

Karena masa garansi ada batasnya yaitu 12 bulan, tentu kamu perlu mengecek garansinya untuk memastikan apakah garansi HP Realme yang kamu gunakan masih aktif atau tidak. Apalagi jika baru-baru ini kamu mengalami masalah pada HP-mu yang membutuhkan bantuan hingga perbaikan tertentu dari teknisi.

Jika ternyata HP-mu masih dalam masa garansi, kamu tidak perlu terlalu khawatir soal biaya perbaikannya. Karena pada dasarnya, garansi akan meng-cover biaya perbaikan atas kerusakan pada HP, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Realme. Panduan bagaimana cara cek garansi Realme online via IMEI ini akan membantu kamu merasa lebih baik, paling tidak memastikan smartphone kamu sudah resmi dan terdaftar.

Cara Cek IMEI Realme

Kalau begitu, bagaimana ya cara cek garansi Realme online via IMEI? Pertama, kamu tentu harus tahu dulu nomor IMEI HP yang kamu gunakan. Untungnya, cara cek nomor IMEI sangat gampang, karena ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih.

Begini cara cek nomor IMEI:

  • Cek langsung pada kotak atau dusbook kemasan HP-mu. Nomor IMEI biasanya langsung tertera pada label yang menempel di kotak.
  • Alternatif lainnya, kamu bisa buka menu panggilan telepon (dial up), lalu ketik *#06#. Setelah itu, layar HP akan langsung memunculkan informasi berisi nomor IMEI perangkat.

Cara Cek Garansi Realme Online via IMEI

  • Kamu juga bisa cek nomor IMEI HP Realme lewat menu Pengaturan. Caranya buka “Pengaturan” > “Tentang Ponsel” > “Status” lalu cek di bagian IMEI.

Agar tidak lupa kamu bisa catat dulu nomor IMEI di kertas atau aplikasi notes yang ada di HP sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Cek Garansi Realme Online via IMEI

Setelah kamu tahu nomor IMEI perangkat, kamu bisa lanjutkan panduan cara cek garansi Realme online via IMEI berikutnya dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  • Buka browser di HP, laptop, atau komputermu. Kemudian buka situs Status Garansi milik Realme di alamat www.realme.com/id/support/phonecheck. Tenang saja, situs tersebut resmi milik Realme Indonesia sehingga dijamin aman dan hasilnya akurat.

Cara Cek Garansi Realme Online via IMEI

  • Masukkan nomor IMEI HP Realme milikmu pada kotak dengan keterangan “Mohon masukkan IMEI ponsel Anda”. Pastikan bahwa nomor IMEI yang kamu ketikkan terdiri atas 15 digit.
  • Setelah itu, klik tombol “Cek Sekarang”.
  • Ikuti proses validasi yang diminta. Kamu juga tak perlu khawatir karena proses validasi ini biasanya dilakukan untuk memastikan bahwa penginput data (alias kamu) memang benar adalah manusia dan bukan robot.
  • Kalau sudah melakukan validasi, layar akan menampilkan informasi yang berisi model ponsel, nomor IMEI sesuai yang kamu masukkan tadi, hingga waktu registrasi.
  • Cek waktu registrasinya. Ingat bahwa masa garansi HP Realme adalah 12 bulan sejak registrasi, kemudian hitung sisa waktunya. Kalau ternyata waktu registrasi sudah lebih dari 12 bulan dari tanggal pengecekan, artinya masa garansi sudah lewat dan garansi HP-mu sudah tidak lagi aktif. Tapi kalau belum lewat 12 bulan, artinya garansi HP Realme-mu masih aktif.

Klaim Garansi HP Realme

Apabila kamu sudah memastikan bahwa masa garansi HP-mu memang masih aktif, kamu bisa lakukan klaim garansi. Untuk klaim garansi, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, yaitu:

  • Masa garansi HP masih berlaku.
  • Kerusakan HP tidak diakibatkan kesalahan pengguna, seperti terbentur, jatuh, terkena cairan, dan tertekan.
  • Kerusakan juga tidak diakibatkan perbaikan atau pembongkaran di luar service center resmi Realme.
  • Bawa bukti pembelian valid saat klaim garansi, faktur asli, dan stiker nomor IMEI yang masih utuh pada kartu garansi.
  • HP tidak boleh root.
  • Jika kerusakan diakibatkan penggunaan aksesoris tidak resmi yang menyebabkan overheating atau masalah lain, garansi tidak berlaku.

Itu tadi rangkuman cara cek garansi Realme online via IMEI yang bisa kamu lakukan sendiri sebelum mengklaim garansi HP-mu. Semoga informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat buat kamu, ya. Jangan lupa dishare jika artikel tutorial cara cek garansi Realme online via IMEI ini bermanfaat.

Check Also

Game Lato Lato Android

6 Game Lato-Lato Android Yang Banyak Digandrungi Bocil

Game Lato-Lato Android – Sudah lama hilang tanpa kabar, permainan jadul lato-lato kembali viral dan …