6 Penyebab Kenapa Video Telegram Tidak Bisa di Download

Mas Bambang

Kenapa Video Telegram Tidak Bisa di Download

Hingga kini, Telegram yang adalah aplikasi tukar pesan populer, memiliki penggunaan yang semakin meningkat di setiap waktunya. Ini karena Telegram memberikan banyak layanan yang jarang ditemui di aplikasi perpesanan lainnya, sebut saja menonton drama dan film favorit, stiker lucu-lucu, dan lain sebagainya. Sayangnya, terkadang ada beberapa kendala yang menyebabkan kenapa video Telegram tidak bisa di download.

Faktor-faktor itu bisa berasal dari aplikasinya sendiri ataupun karena human error. Jika pengguna sudah menyadari apa penyebabnya, maka mencari solusi untuk memperbaikinya bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Lalu, apa saja sekiranya alasan video Telegram tidak dapat di unduh?

Koneksi Jaringan yang Buruk Jadi Penyebab kenapa video Telegram tidak bisa di download

Jaringan internet jadi salah satu unsur penting yang wajib diperhatikan ketika pengguna hendak melakukan download untuk file jenis apapun, termasuk didalamnya film dan drama. Secara garis besar, setiap video panjang yang terunggah akan mempunyai ukuran yang berbeda-beda.

Pada beberapa kasus, film di Telegram tidak bisa di download karena alasan jaringan yang tidak stabil. Apabila pengguna memiliki jaringan WiFi, pastikan agar jaringan tersebut mempunyai kecepatan mumpuni. Pun demikian dengan pengguna yang menggunakan data seluler, pastikan bahwa sisa kuota yang dimiliki cukup untuk mengunduh video secara keseluruhan.

Penyebab kenapa video Telegram tidak bisa di download Kedua: Memori Internal Sudah Penuh

Pengguna smartphone acapkali tidak memeriksa kapasitas memori internal yang tersisa. Sebagian besar dari mereka menganggap bahwa penyimpanannya akan habis setelah muncul notifikasi dari sistem. Padahal, informasi seperti ini sangat penting untuk diperhatikan.

Jika kapasitas penyimpanan internal penuh, kamu tidak akan bisa memaksanya untuk mengunduh file baru, baik itu dokumen atau bahkan video panjang sekalipun. Jika terus dipaksakan, dikhawatirkan akan berakibat fatal pada smartphone yang digunakan. Bisa-bisa, ponsel malah freeze mendadak dan akhirnya reboot dengan sendirinya.

Format Video yang Tidak Didukung Perangkat Pengguna

Alasan lain yang bisa menyebabkan video tidak bisa terunduh dari aplikasi Telegram adalah karena format video itu sendiri. Telegram secara keras memberlakukan aturan bagi siapa saja yang akan mengunggah video. Terdapat format tertentu yang tidak didukung sehingga membuatnya tidak dapat diunduh, atau bahkan ditonton secara streaming.

Meskipun pihak pengunggah sudah mengupload video sampai selesai, film atau drama terkait tidak akan dianggap sebagai video. Sistem dalam layanan Telegram akan menganggapnya sebagai file lain. Alhasil, proses pengunduhan akan mengalami error dan pihak pengunggah harus mengunggahnya menggunakan format yang baru.

Ada Terlalu Banyak Cache

Tidak bisa dipungkiri, cache juga menjadi alasan klise kenapa video Telegram tidak bisa di download. Beberapa kalangan mungkin akan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan cache secara berkala. Sementara beberapa lainnya akan mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan fitur bawaan sistem untuk menghapus sampah sistem itu sendiri.

Jika Telegram tidak dapat mengunduh video, cobalah untuk memeriksa jumlah cache yang ada pada aplikasi tersebut. Apakah ada banyak cache sampai ratusan MB hingga GB atau tidak.

Apabila ditemukan cache dengan kadar tinggi, segera bersihkan sampah sistem tersebut karena ini bisa jadi penyebab kenapa video Telegram tidak bisa di download. Meskipun jika jumlahnya ternyata masih sedikit, pengguna harus tetap membersihkannya agar aplikasi tetap berjalan dengan optimal. Adapun panduan membersihkan cache adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan dan pilih opsi Aplikasi.

Penyebab Kenapa Video Telegram Tidak Bisa di Download

  • Dari sejumlah daftar aplikasi yang ditampilkan, carilah ikon Telegram dan buka aplikasinya.
  • Akan ada detail dari aplikasi terkait, mulai dari perizinan, pencopotan aplikasi, hingga forced stop. Pada tahap ini, silakan pilih opsi Penyimpanan.
  • Akan muncul halaman baru yang menyajikan detail penyimpanan dari penggunaan aplikasi Telegram. Biasanya akan ada 2 tombol utama pada halaman ini, yakni Hapus data dan Hapus cache. Silakan klik Hapus cache untuk menghapusnya.

  • Setelah itu, keluar dari menu Pengaturan dan coba untuk mengunduh ulang video tadi.

Aplikasi Belum Di Update

Saat suatu aplikasi memiliki update terbaru, hal ini berarti versi sebelumnya dari aplikasi tersebut memiliki bugs atau eror yang sudah dilaporkan oleh pengguna. Dalam hal ini, pihak pengembang tentu harus memperbaiki kecacatan sistem yang bisa diperiksa melalui laporan log sistem pengguna. Ini juga bisa jadi penyebab kenapa video Telegram tidak bisa di download.

Apabila terdapat error saat mengunduh video sebelumnya, kemudian muncul versi update dari aplikasi Telegram, silakan segera melakukan update. Sebab, perbedaan versi aplikasi bisa saja jadi alasan kenapa video di Telegram tidak bisa di download.

Menggunakan Aplikasi yang Tidak Resmi

Penggunaan aplikasi yang tidak resmi bisa menjadi faktor yang mengakibatkan kenapa video Telegram tidak bisa di download. Hal ini berarti, aplikasi tersebut dipasang dari layanan selain Play Store dan App Store.

Untuk menjadi tambahan catatan, aplikasi yang diinstall selain dari Play Store atau App Store cukup rentan terhadap serangan malware hingga berpotensi merusak sistem pada ponsel pengguna.

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan kenapa video telegram tidak bisa di download.

Also Read