4 Pemicu Ikan Cupang Kesayangan Anda Mati Tiba - Tiba
sumber : livescience

4 Pemicu Ikan Cupang Kesayangan Anda Mati Tiba – Tiba

Ikan cupang adalah ikan tropis air tawar yang mempunyai ketenaran sebab berwarna yang memikat dan elok. Sekarang ini, ikan cupang jadi salah satunya hewan piaraan yang disukai oleh beberapa orang.

Seringkali pecintanya ikhlas beli di harga yang cukup menguras kantong. Walau dikenali dengan ikan yang gampang untuk dirawat, tetapi sebenarnya beberapa pemilik ikan cupang banyak yang mengalami ikan cupang kecintaannya ini mati tiba-tiba.

Berikut 4 pemicu ikan cupang mati tiba – tiba

Keadaan Air yang Jelek

Air kotor adalah salah satu pemicu paling cepat ikan mati, bahkan juga air ini tidak harus nampak kotor. Pemicunya ialah bahan kimia dari kotoran ikan yang membusuk dan makanan yang tidak dikonsumsi bisa mencemarkan akuarium dan membuat air ini beracun.

Ikan cupang mempunyai reputasi bertahan hidup di lingkungan yang keras di mana sejumlah besar ikan akan mati. Ini lantaran mereka ialah anabantidae.

Baca Juga Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang dan Menghasilkan Warna Yang Cantik

Mereka sudah meningkatkan kekuatan untuk mengisap udara di atas air saat air tersebut terkontaminasi dan rendah oksigen.

TRENDING:  4 Penyedia Simulasi Trading Saham Online Gratis Tanpa Modal

Sayang, ini yang membuat orang memikir jika memiara cupang dalam mangkok dan bak kecil tidak apa-apa.

Pasti, ia akan bertahan untuk saat ini, tapi volume air yang kecil akan mencemarkan dengan cepat sekali, dan selang beberapa saat ikan akan rasakan dampak negatif dari keadaan air yang jelek.

Selanjutnya akan mengakibatkan busuk sirip dan penyakit yang lain, dan kenaikan stres yang bisa menyingkat hidupnya.

Temperatur Rendah

Sebagian orang nampaknya memikir cupang itu ibarat ikan mas, dan akan baik saja dalam mangkok atau akuarium yang tidak dihangatkan.

Tetapi yang penting dipahami ialah ikan cupang adalah ikan tropis yang memerlukan temperatur air di antara 75 dan 80 derajat celcius.

TRENDING:  Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang dan Menghasilkan Warna Yang Cantik

Air yang mempunyai temperatur dingin akan mengakibatkan penyakit, dan kematian awal untuk ikan cupang. Walau rumah Anda mempunyai temperatur hangat tetapi pada malam hari temperatur makin lebih turun dan hal tersebut akan mengakibatkan air akuarium mendingin secara cepat.

Pemberian Makanan Terlalu Berlebih

Seluruh ikan perlu konsumsi makanan yang sehat, seperti pelet yang bermutu. Tetapi seperti manusia, bila kebanyakan makan akan mengakibatkan ikan juga terkena penyakit.

Disamping itu, makanan yang tidak dikonsumsi ikan cupang akan mencemarkan air dan jadi toksin untuk ikan.

Disarankan untuk memberi makan ikan cupang sekali satu hari, dan membersihkan kerikil dan melakukan pergantian air.

Ikan Lain di Dalam Akuarium Sama

Ikan cupang dapat mempunyai rekan seakuarium pada kondisi spesifik. Tetapi, Anda harus benar-benar waspada pilihnya, sebab tipe ikan spesifik bisa memacu agresi pada cupang, khususnya anabantidae lain atau ikan dengan sirip yang mengalir, mereka kemungkinan salah menduga selaku cupang jantan yang lain.

Baca Juga Baiknya Pilih Tanaman Hidup atau Tanaman Palsu Untuk Akuarium Ikan Cupang Kesayangan Anda

Walau cupang mempunyai rekam jejak agresi dan perkelahian, mereka sesungguhnya ialah ikan yang lumayan kecil dan bergerak lamban.

TRENDING:  [Peluang Usaha] Masa Panen dan Harga Jual Per Kg Umbi Porang

Mereka bisa terserang dan diancam oleh ikan yang semakin besar, dan ikan yang lebih kecil bisa menggigit siripnya. Maka dari itu menambahkan ikan lain di akuarium harus dipertimbangkan baik – baik.

Sumber : Kompas

 

Check Also

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee – Shopee adalah tempat belanja online dengan metode pembayaran yang …