Biaya Pendaftaran dan Registrasi Ulang Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Biaya Pendaftaran dan Registrasi Ulang Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Banyupos.com – Sertifikat Badan Usaha, juga dikenal sebagai Sertifikat SBU, adalah dokumen yang secara resmi mengakui tingkat keahlian perusahaan dan kapasitasnya untuk melakukan bisnis, serta status dan persyaratannya. Mengingat pentingnya SBU, maka setiap organisasi perusahaan konstruksi yang sudah ada tentunya wajib membuat SBU dengan biaya tertentu.

Biaya Pendaftaran dan Registrasi Ulang Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi bertanggung jawab atas pembentukan SBU (LPJK). Mengajukan permohonan pendaftaran SBU melalui asosiasi perusahaan Anda sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh LPJK untuk membangun atau mendaftarkan SBU ini.

Anda dapat menghindari aturan yang telah ditetapkan LPJK untuk pengelolaan SBU dengan mengajukan pendaftaran SBU melalui asosiasi perusahaan. Badan Pelaksana LPJK akan mengevaluasi kembali informasi yang ditambahkan ke database badan usaha pelaksana konstruksi oleh asosiasi perusahaan yang telah diberikan izin khusus untuk melakukan verifikasi dan validasi awal dari LPJK.

TRENDING:  10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Masa Pandemi Kali Ini

Syarat Pendaftaran SBU

  • Akta pendirian perusahaan.
  • SIUP/SIUJK/IUJK.
  • Tanda Daftar Usaha (TDU).
  • HO (Izin Gangguan).
  • NPWP perusahaan.
  • Kop surat perusahaan sebanyak sepuluh lembar.
  • Stempel perusahaan.
  • KTP direktur dan pengurus perusahaan yang tercantum di akta.
  • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak empat lembar.
  • SKT.
  • Neraca badan usaha.

Biaya pendaftaran atau aplikasi SBU yang sebenarnya bervariasi dari asosiasi perusahaan ke asosiasi perusahaan. Biaya pendaftaran juga didasarkan pada apakah sertifikat yang didaftarkan memenuhi persyaratan atau tidak. Kami memberikan data terbaru tentang biaya pendaftaran SBU untuk layanan konsultasi.

Biaya Pendaftaran SBU Jasa Konstruksi

Kategori UsahaBiaya Pendaftaran
Jasa Konsultasi KecilRp450.000 per sub-kualifikasi
Jasa Konsultasi MenengahRp1.500.000 per sub-kualifikasi
Jasa Konsultasi BesarRp3.500.000 per sub-kualifikasi
TRENDING:  Harga Sewa Bus Pariwisata Hiba Utama Terupdate

Angka-angka tersebut di atas berasal dari Sertifikasi PT Badan Usaha Jasa Konstruksi dengan Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU). Berikut ini kami konsolidasikan aturan resmi GABPEKNAS tentang biaya pendaftaran SBU untuk jasa bangunan dan memberikannya kepada Anda (Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional).

Biaya Registrasi Ulang SBU

Biaya Pendaftaran SBU

Sub KualifikasiTotal Biaya Pendaftaran
PRp100.000
K1Rp105.000
K2
Rp130.000
K3Rp150.000
M1Rp700.000
M2Rp1.000.000
B1Rp1.950.000
B2Rp4.850.000

Biaya SBU untuk jasa bangunan tersebut di atas tetap tidak berubah dari tahun 2016 hingga 2017 berkat penerapan Peraturan LPJK Nasional Nomor 3 Tahun 2017. Khususnya, SBU berlaku maksimal tiga tahun. Namun, setiap perusahaan harus mendaftar ulang ke asosiasi perusahaan setiap tahun pada tahun kedua dan ketiga. Perusahaan Anda akan dikenakan biaya dan persyaratan administrasi yang sama dengan pendirian SBU baru jika Anda tidak melakukan registrasi ulang.

TRENDING:  Biaya Tes Rekam Jantung Elektrokardiogram (EKG) di Berbagai Rumah Sakit Terkini

Biaya Registrasi Ulang SBU

Subkualifikasi
Total Biaya
P
Rp10.000
K1
Rp10.000
K2
Rp15.000
K3
Rp20.000
M1
Rp150.000
M2
Rp200.000
B1
Rp500.000
B2Rp1.000.000

Seperti sebelumnya, biaya pendaftaran ulang SBU untuk jasa kontraktor berasal dari Peraturan LPJK Nasional No. 3 Tahun 2017. Setelah permohonan pendaftaran disetujui oleh administrasi LPJK, SBU dapat diregistrasi ulang untuk kedua kalinya dan tahun ketiga dengan mencetak QR-Code pada halaman belakang SBU. Badan usaha yang bersangkutan kemudian memberikan bukti pembayaran pendaftaran ulang kepada LPJK melalui asosiasi yang ditunjuk.

Check Also

Biaya Les dan Kursus Bahasa Inggris di LBPP LIA

Biaya Les dan Kursus Bahasa Inggris di LBPP LIA Terupdate

Dikelola oleh LIA Foundation, LIA Institute for Language & Professional Education (LBPP) menawarkan program bahasa …