5 Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal Mudah dan Tidak Ribet

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal – Jika kita membahas soal kerusakan pada TV LED bergaris vertikal seakan mengingatkan kita pada permasalahan yang memang sering muncul. Baik itu TV LED, LCD bahkan juga televisi model lawas sekalipun pasti mengalami kerusakan. Kini pembahasan kita terkait cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal.

Kerusakan garis-garis tersebut seringkali kita jumpai terlebih adakalanya kita memukul menggunakan hentakan keras pada TV. Jadi gambar pun kembali normal. Tetapi tidak menutup kemungkinan nantinya gambar kembali buram. Jangan sampai kondisi TV LED bergaris vertikal ini dibiarkan begitu saja.

Sadari Kerusakan Tv Led Bergaris

Beragam komponen rusak terkait gejala yang ditimbulkan dari televisi bergaris ini seringkali tidak kita sadari. Apabila gejalanya sudah semakin berat pastinya membutuhkan penanganan lebih rumit.

Dari sinilah kita harus mampu mencari tahu sebetulnya seperti apa cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal ini. Perlu kamu ketahui jika generasi dari tahun ketahunnya semakin canggih serta bagus. Namun meskipun demikian ternyata terbilang rentan sekali alami kerusakan apabila kita gegabah sekali saat penggunaannya.

Ketika kalian kebingungan ketika TV LED secara tiba-tiba bergaris vertikal. Kali ini kamu bisa ketahui apa saja permasalahan yang terjadi pada perangkat televisi tersebut.

Ada banyak hal yang mampu menjadikan TV LED ini tampilan layarnya menjadi bergaris. Bisa saja dikarenakan firware data rusak, kerusakan di bagian hardware ataupun kerusakan pada panelnya.

Bergaris ini bisa saja hadir dalam bentuk vertikal serta horizontal. Selain itu jumlah garis pun juga bervariasi sekali. Bukan hanya satu garis saja melainkan ada pula melebihi satu garis. Bentuk garis yang biasanya muncul seringkali garis tebal memiliki warna serta ada pula berupa benang halus. Meskipun demikian tentunya kalian tidak perlu merasa khawatir.

Sekarang sudah hadir beragam cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal yang bisa kalian pahami. Supaya lebih jelas tentunya bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Mengetahui Penyebab Tv Led Bergaris Vertikal

Tentunya banyak sekali kendala yang sering timbul pada TV LED. Dimana televisi tersebut dari segi elemen memang tergolong mudah alami kerusakan. Terlebih jika kalian begitu gegabah melakukan pemeliharaan pada televisi ini.

Baik itu debu yang dibiarkan semakin menumpuk atau bisa juga listrik terputus secara mendadak sementara TV masih dalam kondisi menyala. Selain itu ada pula kerusakan TV LED terlebih terkait layar bergaris yang membuat kalian merasa panik. Sebab jika sudah demikian banyak yang memvonisnya jika layar mengalami kerusakan.

Adapun beberapa penyebab TV LED bergaris vertikal ini ternyata beragam sekali. Dari penjelasan ini nantinya anda semakin mudah mencari cara untuk memperbaikinya. Meskipun dulu tv tabung adalah segalanya. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka muncullah TV LED.

Meskipun kesannya TV LED ini lebih canggih, namun bisa dikatakan rawan sekali alami kerusakan. Jadi kalian yang mempunyai TV LED seharusnya mampu melakukan perawatan sebaik mungkin.

Adapun penjelasan mengenai beragam penyebab TV LED bergaris vertikal bisa kalian simak di bawah ini:

  • Kabel input tidak terhubung dengan tepat

Semua orang tentu saja mengerti apabila melakukan sesuatu hal yang terkesan tidak tepat nantinya justru akan berdampak buruk. Seperti halnya kejadian TV LED bergaris vertikal ini.

Adapun salah satu hal yang menjadi penyebabnya tak lain dikarenakan kabet input ternyata tidak terpasang dengan tepat. Kamu seharusnya mampu memastikan jika garis vertikal yang timbul pada layar Tv LED ini bergerak atauka tidak.

Jikalau garis vertikalnya bergerak maka kamu harus memastikan jika hal ini bisa terjadi dikarenakan kabelnya tidak terhubung baik.

  • Layar sudah alami kerusakan

Sebelum akhirnya kamu mengatakan jika layar ataupun panel TV alami kerusakan. Ada baiknya kalian melakukan pemeriksaan terlebih dulu. Apabila saat melakukan pemeriksaan ternyata ada kerusakan pada panel TV atapun layar TV. Maka kamu sebaiknya segera melakukan penggantian.

Segera lakukan penggantuan layar TV ataupun panel TV dengan jenis, tipe, bahkan ukuran yang terbilang sama dengan layar TV Lama. Jika kamu salah menentukan pilihan saat melakukan penggantian layar TV maka bisa dipastikan nantinya tidak bakalan cocok.

  • Kabel Flat ternyata tidak terhubung dengan Board T Con

Permasalahan TV LED bergaris vertikal ini bisa saja dikarenakan kabel flatnya tidak terhubung pada board T con jadi mampu membuat tv bergaris. Kabel ataupun pita longgar kabel serta pita lepas yang mampu menghubungkan panel LCD menuju papan utama menjadi penyebab gambar terganggu.

Papan utama TV LCD seringkali kita temukan pada bagian belakang TV, bagian atas bahkan tengah. Adapun papan utamanya ternyata bisa menampung papan t.con serta kabel koneksi antara dirinya dengan panel LCD.

Jika memang terjadi kesalahan pada bagian tersebut entah rusak ataupun kendor. Maka yang ada hanya akan menyebabkan distorsi di sebagian maupun seluruh layar TV. Jadi usahakan semua kabelnya terpasang dengan baik dan benar.

Anda pun bahkan bisa mencoba untuk memutuskan sekaligus menyambungkan lagi agar bisa memastikan jika langkahnya sudah benar.

  • Kerusakan yang terjadi pada Modul T Con

Penyebab lain yang menjadikan TV LED bergaris vertikal ini tak lain dikarenakan Modul T Connya sudah mengalami kerusakan. Sebelum kalian memvonisnya demikian, ada baiknya kalian lakukan pengecekan terlebih dulu.

Modul T Con seringkali menyatu pada panel ataupun layar. Tetapi ada pula Modul T Con yang ternyata terpisah dengan panelnya.

  • Kerusakan pada IC COF

Perlu kamu ketahui jika IC COF adalah salah satu hal yang menjadi penyebab mengapa TV LED  bisa bergaris vertikal. Hal ini sebetulnya bisa kalian lakukan hanya dengan membuka IC COF yang sudah rusak. Namun IC yang tidak terhubung dengan tepat pada panelnya seringkali terjadi.

Sebetulnya ada beberapa hal yang menjadikan IC bisa longgar. Salah satunya dikarenakan terlalu panas bahkan bisa juga dikarenakan kabel flexiblenya terlipat.

  • Munculnya karat di bagian frame TV LED

Layar TV LED yang mempunyai garis bisa saja dikarenakan framenya sudah karatan. Hal ini bisa saja terjadi sebab frame TV memang berbahan logam jadi mudah sekali berkarat.

Karat yang berada di bagian frame tentunya bisa menjalar menuju bagian yang lainnya. Seperti halnya Board T con. Supaya mampu mengatasinya, maka kalian perlu melakukan penggantian frame TV LED supaya nantinya tidak terus- menerus sebabkan komponen lainnya ikut karatan.

Dengan mengetahui beragam penyebab TV LED bergaris vertikal ini. Maka kalian bisa dengan mudah temukan cara terbaik untuk memperbaiki kondisi tersebut. Beruntungnya kini sudah tersedia cara paling praktis yang bisa kalian lakukan.

Cara Mudah Perbaiki Tv Led Bergaris Vertikal

Ketika kalian sudah mengetahui beragam penyebab mengapa TV LED biasa bergaris vertikal. Kini sudah saatnya kalian pahami pula terkait cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal. Ada baiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada televisinya.

Supaya lebih jelas lagi terkait cara memperbaikinya. Ada baiknya menyimak penjelasan yang telah tersedia di bawah ini:

  1. Memperbaiki kabel input

Adapun salah satu cara terbaik yang bisa kalian lakukan ketika LED TV bergaris vertikal tentunya dengan mengecek kabel inputnya terlebih dulu. Cara ini berlaku ketika TV bergaris bergerak. Jadi garisnya tersebut tidak menetap dan akan terus bergerak.

Cara mengatasinya hanya dengan melakukan pengecekan pada bagian kabel input terlebih dulu. Seringkali kabel input yang berpengaruh ini adalah kabel HDMI, Video, Sound, PC maupun lainnya.

Biasanya garis pada TV LED yang suka berpindah ini dikarenakan kabel inputnya memang sudah longgar. Kini kamu bisa memperbaiki semuanya hanya dengan mengencangkan kabelnya.

  1. Memeriksa kabel flat menuju Board T con

Cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal memang beragam bahkan mudah kalian lakukan. Apabila kabel input pada TV LED tidak mengalami permasalahan. Ada baiknya melakukan pemeriksaan di bagian kabel flat menuju Board T con.

Usahakan kabelnya terhubung baik dengan Board T con. Apabila kabel flat serta boardnya tidak terhubung dengan baik. Hal tersebut bisa menjadikan TV LED kalian bergaris. Kamu hanya perlu melakukan perbaikan pada sambungan kabelnya supaya bisa terhubung dengan baik.

  1. Memeriksa IC COF

Adapun cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal berikutnya tentu saja bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan pada IC COF akankah sudah terhubung pada panel ataukah alami kelonggaran.

Apabila sudah mengalami kelonggaran sebaiknya kamu sambungkan kembali dengan solder. Usahakan berhati-hati melakukannya sebab IC tergolong mudah sekali rapuh. Jika kalian begitu gegabah saat mengerjakannya, yang ada kabel IC COF justru akan mudah putus.

  1. Memeriksa panelnya

Cara yang satu ini terbilang mudah untuk dilakukan. Dimana kalian bisa melakukan penggantian panel ataupun layar yang mengalami kerusakan dengan panel baru. Usahakan melakukan penggantian panel tv dengan panel yang sama.

Jika panelnya berbeda dengan panel sebelumnya, yang ada nanti justru timbul masalah yang baru.  Jadi pastikan anda membeli panel baru yang sesuai dengan kebutuhan. Usahakan pula membelinya pada tempat terpercaya agar mampu peroleh panel berkualitas.

  1. Memeriksa solder IC vertikal

Cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal ini sebetulnya mudah sekali dilakukan. Dimana kini kalian bisa mencoba cara yang sudah tersedia. Kali ini kamu bisa mencoba memeriksa solder IC Vertikal sebab bisa saja kendur.

Apabila solder IC kendur tentu saja bisa berpengaruh terhadap layar bergaris vertikal ini. Ada pun cara memperbaikinya tentu saja bisa dengan bantuan solder agar mampu mengencangkannya.

Solder IC nantinya semakin kencang kembali namun kamu juga perlu melakukan pemeriksaan di bagian lainnya. Jika kerusakan bukan hanya pada bagian itu saja. Usahakan menggantinya menggunakan elemen terbaik.

Layar TV LED bergaris bisa saja dikarenakan beragam hal. Tentu saja layar TV bergaris ini mampu mengganggu kenyamanan kita saat menonton TV. Wajar saja jika pembahasan kita mengenai penyebab sekaligus cara memperbaiki TV LED yang bergaris.

Munculnya garis pada layar TV LED sudah pasti mampu merusak kualitas dari gambar televisi. Jangan sampai kejadian seperti ini dibiarkan begitu saja hingga mampu menganggu kenyamanan kalian ketika menonton tayangan televisi kesukaan. Pastikan kalian melakukan pengecekan pada beberapa komponen TV LED yang mungkin menjadi penyebab layar TV LED bergaris vertikal.

Nah itulah tadi beberapa cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal yang bisa saya berikan, semoga informasi penyebab dan juga cara mengatasi TV LED bergaris ini dapat berguna untuk kamu.

Check Also

7 Cara Melihat Status WA Yang Disembunyikan Dari Kita Tanpa Ribet

Cara Melihat Status WA Yang Disembunyikan Dari Kita – Ada beberapa orang yang sering kali …