Pilih Tanaman Hidup atau Tanaman PAlsu Untuk Ikan Cupang Anda

Baiknya Pilih Tanaman Hidup atau Tanaman Palsu Untuk Akuarium Ikan Cupang Kesayangan Anda

Tidak cuman memerlukan makanan dan penyaring udara saja, tetapi rupanya ikan cupang membutuhkan tanaman untuk jadi tempat bersembunyi. Saat ikan cupang bersembunyi dibalik tanaman itu, dia akan berasa lebih aman.

Disamping itu, habitat alami ikan cupang yang sering banyak oleh tanaman yang lebat di atas dan air jadikan mereka terlatih pada kehadiran tanaman dalam akuarium.

Untuk menempatkannya, tanaman dapat ditempatkan di satu sisi akuarium secara rapat. Ini sangatlah penting dilakukan apa lagi bila ikan cupang hidup bersama ikan lain di satu akuarium.

Waktu mencari tanaman hal pertama yang perlu dipertimbangkan ialah memilih akan memakai tanaman hidup atau tanaman palsu.

Percaya atau tidak, ke-2 tipe tanaman ini baik untuk akuarium Anda. Tetapi, tanaman palsu sendiri semakin lebih gampang dipiara dibanding tanaman hidup.

Kelebihan tanaman hidup

Di siang hari, tanaman hidup akan hasilkan banyak oksigen dan meresap semakin banyak karbon dioksida. Seluruh bakteri yang merusak amonia jadi nitrat memerlukan oksigen untuk melakukannya.

Disamping itu, makin banyak oksigen dalam bak, makin efektif mereka dalam merusaknya.

TRENDING:  4 Pemicu Ikan Cupang Kesayangan Anda Mati Tiba - Tiba

Bakteri memberikan keuntungan dapat tumbuh pada tanaman hidup lebih gampang. Juga sudah pasti, makin banyak bakteri memberikan keuntungan dalam akuarium Anda, makin cepat amonia bisa diurai.

Bila Anda alami permasalahan alga, tanaman hidup bisa juga jadi jalan keluarnya. Alga seringkali berasal dari kebanyakan nitrat dalam akuarium.

Dengan semakin banyak bakteri dalam akuarium, bakal ada semakin sedikit nitrat untuk alga hidup.

Jelas sudah jika tanaman hidup dapat menciptakan kembali lingkungan yang alami untuk ikan cupang sehingga akan membuat cupang Anda lebih kerasan dan hidup sehat.

Kekurangan Tanaman Hidup

Akan tetapi, kekurangannya ialah tanaman hidup terus berkembang dan akan butuh pekerjaan yang lebih buat mengurusnya.

Walau cupang Anda akan suka berenang antara tanaman, masih penting untuk pastikan dia mempunyai ruangan untuk berenang dengan bebas. Bila tanaman begitu lebat, cupang kemungkinan kesusahan untuk naik ke atas untuk cari udara.

Mereka akan menambah semakin banyak materi yang membusuk ke dalam akuarium Anda. Sama dengan tiap tanaman, pada akhirnya, bagian tanaman akuarium Anda akan rontok.

Baca Juga Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang dan Menghasilkan Warna Yang Cantik

Bila Anda tidak bersihkan dengan teratur, pembusukan akan mengakibatkan bakteri berkembang biak di akuarium Anda. Ini bisa ditangani dengan singkirkan tanaman yang nampak akan membusuk.

TRENDING:  Cara Mempercepat Mutasi Warna Ikan Cupang dan Menghasilkan Warna Yang Cantik

Bila Anda pengin memelihara tanaman dalam akuarium, beberapa di antaranya memerlukan penerangan yang kuat untuk tetap bertahan hidup. Jadi, Anda harus lebih memerhatikan saat akan memilih tanaman yang akan dibeli.

Dan paling akhir, walau tanaman asli akan hasilkan semakin banyak oksigen pada siang hari, mereka akan memanfaatkan oksigen semakin banyak pada malam hari.

Bila Anda mempunyai tanaman hidup yang terlalu banyak , kemungkinan membuat air kekurangan oksigen saat malam harinya. Untuk  mengantisipasinya dapat dilakukan dengan cara menambah beberapa batu udara ke dalam akuarium Anda pada malam hari.

Kelebihan tanaman palsu

Kelebihan tanaman palsu ialah tidak membutuhkan perawatan. Disamping itu, tanaman palsu akan nampak bagus. Tidak seperti tanaman hidup yang bisa jadi compang-camping dan membusuk.

TRENDING:  Ternyata Ini Penyebab Tahu Tempe 3 Hari Ini Hilang Di Pasaran

Tanaman palsu tidak membutuhkan penerangan atau keadaan air spesifik. Walau Anda harus jaga keadaan air masih konstan untuk ikan cupang, Anda tak perlu cemas untuk tanaman palsu.

Dan paling akhir, tanaman palsu gampang dilepaskan dan dibikin bersih. Bila Anda menyaksikan penimbunan ganggang dan kotoran, atau bila telah saatnya untuk pembersihan rutin, Anda dapat mengeluarkannya, menggosok, dan memasukkan kembali lagi.

Kekurangan Tanaman Palsu

Tetapi, yang perlu jadi perhatian ialah tanaman palsu dapat sedikit lebih beresiko untuk ikan cupang, khususnya yang memiliki bahan plastik.

Bila Anda menambah tanaman ke akuarium yang mempunyai pinggir tajam atau begitu kasar, mereka bisa menggunting atau merusak ekor ikan cupang.

Tanaman palsu tidak meresap karbon dioksida dan melepas oksigen ke dalam akuarium. Bila tidak mau ini terjadi, Anda harus pastikan filter bisa membuat arus yang cukup di atas, atau memakai penggelembung udara.

Sumber : Kompas

Check Also

Tingginya Harga Jual Umbi Porang

[Peluang Usaha] Masa Panen dan Harga Jual Per Kg Umbi Porang

Tanaman porang sekarang ini banyak mulai dibudidayakan oleh petani di beberapa wilayah yang berada di …